K-Pop Now!: The Korean Music Revolution


Pada 2011 silam ketika boyband/girlband sedang ramai bermunculan di Indonesia, salah satu teman saya di SMA memperkenalkan lagu Korea Selatan kepada saya. Lagu tersebut berjudul 'Mr. Simple' dan 'No Other' yang dinyanyikan oleh boyband bernama Super Junior. Setelah saya mendengarkannya beberapa kali, saya menyukai irama dari musik yang disajikan. Sejak saat itu, saya jadi tahu bahwa "wabah" boyband/girlband yang ada di Indonesia sebenarnya adalah hasil dari tren yang berasal dari Korea Selatan.

Kemudian pada pertengahan 2012, lagu 'Gangnam Style' dari Psy mulai booming. Tak disangka, lagu tersebut memiliki efek yang sangat besar bagi tren saat itu. Orang-orang jadi suka berjoget ala Gangnam Style untuk mengisi acara atau sekadar seru-seruan. Saya pun juga ikut menikmati momen tersebut.

Video musik Gangnam Style yang dinyanyikan oleh Psy.

Dari dua kejadian di atas, saya memutuskan untuk membaca buku berjudul K-Pop Now!: The Korean Music Revolution yang ditulis oleh Mark James Russell. Walaupun diterbitkan pada 2014, saya rasa isinya masih tetap bisa dinikmati untuk menambah referensi tentang perjalanan K-Pop pada awal 1990-an sampai ketika buku ini dirilis. Selain itu, di dalamnya juga berisi penjelasan singkat tentang artis-artis terkenal dalam dunia K-Pop beserta fotonya, sebut saja seperti Super Junior, Girl's Generation, Psy, BoA, dan lain-lain. Ya, meskipun jika mengikuti konteks pada saat saya membacanya (2021), beberapa boyband/girlband yang disebutkan sudah ada yang bubar atau menjalani karier lain.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.