Ingin Menjadi Mahasiswa


Hey guys, udah beberapa hari gue ngga ngepost nih, jadi kangen. Hehehe.

Jadi, kemarin Senin temen gue ngajakin untuk daftar ke salah satu universitas yang ada di Tangerang Selatan. Namanya Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, atau bisa disingkat UIN Jakarta. Ya, meskipun letaknya masih di Banten, tapi tetap dianggap Jakarta. Hehe.

Karena udah beberapa minggu ini gue selalu berada di rumah (alias nganggur) sampe waktu pengumuman hasil UN tiba, yaudah daripada gue terlalu lama berada di rumah dan bisa-bisa otak gue berdebu, gue pun mau nerima ajakan dari temen gue itu.

Temen gue, sebut aja namanya Ardi. Dia seumuran gue, tapi dia masuk sekolah lebih awal, jadi dia udah lulus tahun lalu. Tapi karena dia belum beruntung ngedapetin universitas yang dia mau, jadinya dia libur selama setahun dan akhirnya jadi bareng ngedaftar kuliah sama gue.

Oke, kembali ke cerita.

Ternyata pas hari Selasa (08/05/2012) gue bangun agak kesiangan gara-gara pas malemnya gue kena gejala susah tidur, gue bangun jam 05.45. Langsung aja gue shalat subuh, sarapan, abis itu mandi, dan menghabiskan waktu sekitar 45 menit untuk ngelakuin semua itu. Si Ardi ternyata udah nyamper gue buat berangkat, dan pada saat itu gue aja baru mau mandi.

Gue ngedenger nyokap udah manggil-manggil gue supaya buru-buru soalnya ngga enak udah ditungguin sama temen. Tapi apa daya, gue kalo mandi emang ngga bisa buru-buru. Gue udah terbiasa mandi kayak di iklan shampo-shampo TV, begitu bahagianya sambil keramasan. Akhirnya gue selesai mandi, handukan, dan langsung pake baju. Gue pake baju kaos biasa dan celana jeans.

Ketika semuanya udah selesai dan siap, gue keluar dari kamar dan nemuin Ardi. Gue ngeliat dia udah banyak banget sarang laba-laba dan debu di badannya, mungkin gara-gara kelamaan nunggu gue. Oke, gue langsung berangkat ke stasiun kereta di daerah kami.

Sesampainya di stasiun, ternyata kereta yang level bisnis udah lewat dan terpaksa gue sama Ardi harus naik kereta level ekonomi. Gue bukannya sombong, tapi emang lebih enak naik kereta bisnis, walaupun harganya lebih mahal sekitar Rp4.000.

Dengan biaya karcis kereta ekonomi yang hanya Rp1.500, gue berangkat ke Tangerang Selatan. Pertama pas naik dari stasiun, penumpangnya ngga begitu rame, tapi pas udah ngelewatin beberapa stasiun, penumpangnya jadi rame banget. Sumpah! Saking ramenya, ada yang sampe duduk di toilet gara-gara kebelet boker. Untung aja saat itu gue dapet tempat duduk.

Suasananya seperti gambar di atas

Sekitar 1,5 jam gue berada di kereta, akhirnya gue ngeliat stasiun yang dituju sebentar lagi bakal sampe, yaitu Stasiun Pondok Ranji. Tapi ada masalah yang gue sama Ardi hadepin pas mau keluar dari kereta. Gara-gara penumpang yang terlalu banyak, kami jadi dorong-dorongan sama penumpang lain yang ngehalangin jalan keluar. Gue berinisiatif buat ngeamanin ponsel dan dompet gue ke dalam tas biar ngga ada orang yang modus berdiri di deket pintu ngegerepe-gerepe kantong celana gue (baca: copet).

Akhirnya dengan susah payah dan dengan dorongan dari kami yang begitu kuat kayak pas pendemo ngedorongin pagar gedung DPR, kami bisa juga keluar dari kereta dengan selamat. Walaupun pas keluar, tali sepatu gue diinjek-injek sama penumpang lain dan berhasil jadi kotor. Oke, sejak saat itu gue tobat ngga mau naik kereta level ekonomi lagi.

Karena yang tau jalan menuju ke kampus adalah Ardi, setelah sampe stasiun, gue nanya ke dia,

“Abis ini kita naek apa lagi?”

Dia ngejawab,

“Naek Elang, Gung!”

“Hah, yang bener lu? Emang ada?”

“Hadeh... naek angkot-lah!”

Itulah beberapa percakapan gak penting antara gue sama Ardi.

Dan ini juga beberapa kronologi pas gue naik angkot:

Ardi nunjuk angkot yang ingin kami naikki -> Kami ngeberhentiin angkotnya -> Kami naik -> Kami ngeliat ibu-ibu kepleset pas mau naik angkot juga -> Gue pengen nolongin, tapi ibu-ibunya udah bangun duluan -> Gue ngga jadi nolongin -> Supirnya pas gue ngeliat, ternyata mirip Raul Lemos tapi agak kurusan dikit -> Akhirnya angkot pun jalan.

Sekitar 20 menit kami berada di angkot. Angkotnya jalan terus, dan ternyata kami hampir kelewatan. Gue sama Ardi akhirnya jadi jalan lumayan jauh.

Setelah sampe di UIN, Ardi nge-SMS salah satu mahasiswi UIN. Mahasiswi UIN yang gue maksud adalah tetangga kami yang kuliah di sana sejak 2009, sebut aja namanya Nabila. Kami minta tolong ke dia supaya ditunjukin gimana cara ngedaftar yang baik dan benar di UIN.

Ternyata pas dibales SMS-nya, dia keluar sekitar jam 13.00 dari kampus. Kami yang datang pas jam 08.30 harus rela nungguin selama kurang lebih 4 jam. Akhirnya daripada kami bete nungguin, Ardi ngajakin gue nunggu di salah satu warung bakso di samping gerbang kampus.

Di warung bakso, gue ngeliat banyak mahasiswi yang datang dan masuk ke kampus. Satu hal yang ada di pikiran gue saat itu ketika ngeliat mahasiswi UIN adalah... “Sungguh indahnya ciptaan-Mu, ya Allah! Mahasiswinya cantik-cantik dan bening-bening banget.”

Gue bukannya kampungan atau baru ngeliat cewek cantik ya, tapi emang ini beneran, rata-rata mahasiswinya tu cantik-cantik. Ngga kalah deh kayak di SMA tempat gue sekolah. Kayaknya alasan kenapa gue milih kuliah di situ jadi semakin kuat. Hahaha.

Apalagi pas gue tanya ke tukang baksonya,

“Pak, kok pas daritadi saya liat, mayoritas yang kuliah di sini tuh perempuan ya? Daritadi saya baru beberapa ngeliat yang laki-laki.”

Dia ngejawab dengan bangga, “Emang mahasiswa di sini tu kebanyakan perempuan, palingan satu fakultas tuh ya misalnya dari 35 mahasiswa, yang laki-laki palingan cuma 10 orang.”

“Hemm gitu. Berarti yang laki-laki ngga perlu takut jadi jomblo abadi ya di sini, tapi ngga tau deh kalo jadi mahasiswa abadi mah. Hehehe”

“Hahaha. Bisa aja kamu.”

Setelah gue sama Ardi ngobrol-ngobrol sama tukang baksonya cukup lama, kami yang daritadi duduk di sana dan masing-masing cuma mesen semangkok bakso memutuskan untuk keliling-keliling kampus soalnya ngga enak udah banyak ada pembeli yang pengen duduk. Tapi karena cuacanya yang cukup panas, kami ngga jadi berkeliling dan memutuskan untuk ke masjid deket UIN buat ngadem.

Tapi baru beberapa menit kami ngadem di teras masjid, azan dzuhur pun berkumandang dan kami langsung kabur karena kepanasan ngambil air wudu dan masuk ke dalam masjid.

Shalat udah selesai. Kami langsung balik lagi ke kampus dan Ardi ngirim SMS ke Nabila buat ketemuan. Nabila ternyata udah keluar, tapi cuma sampe jam 14.00 aja soalnya dia masih ada matakuliah lagi.

Dengan begitu, kami langsung dianterin ke ruang tunggu buat ngedaftar identitas secara online. Setelah kami selesai ngedaftar, kami langsung pergi ke bank buat transfer uang pendaftaran.

Di bank, kami dikasih kwitansi bukti pembayaran dan langkah terakhir, kami tinggal log in ke situs web UIN dan nge-print kartu yang udah diisi dari web tersebut. Ternyata semua pendaftaran udah beres, kami balik lagi ke ruang tunggu dan Nabila kembali ke kampusnya buat ngelanjutin kuliah.

Di ruang tunggu, gue sama Ardi sekalian nunggu jadwal kereta. Daripada kami nunggu di stasiun, bisa-bisa kami jadi bete.

Setelah waktu perkiraan buat kedatangan kereta level bisnis, gue sama Ardi langsung memutuskan keluar dari ruang tunggu dan naik angkot menuju ke stasiun. Stasiun yang bakal kami datangi adalah Stasiun Kebayoran soalnya di sanalah kami bisa menaikki kereta yang lebih layak untuk pulang. Kami tiba di stasiun sekitar jam 15.30, dan ternyata keretanya tiba jam 17.30. Lumayan lama gue nunggu kereta yang datangnya ngga pasti. Bisa digambarin kayak kalo kita suka sama seseorang, tapi orang itu sama sekali ngga ngerespon perasaan kita. Bete banget, men!

Keretanya datang, kami masuk ke dalam. Ternyata di dalam udah penuh sama penumpang, tapi sepenuh-penuhnya kereta level bisnis ngga separah kayak kereta yang levelnya ekonomi. Gue masih bisa bernafas dan berdiri dengan nyaman di dalam.


Sekitar sejam gue berdiri di dalam kereta, dan akhirnya... ada penumpang yang turun dan ninggalin tempat duduknya gara-gara stasiun yang dia tuju udah tiba. Tapi sayangnya, stasiun daerah rumah kami juga sekitar 10 menit lagi tiba. Gue yang baru aja dapet tempat duduk setelah rela berdiri selama sejam terpaksa harus duduk cuma beberapa menit dan akhirnya ninggalin tempat duduk itu. Walaupun terasa berat, takdir emang harus memisahkan kita.

Keretanya pun berhenti di stasiun tujuan, kami keluar dari kereta. Gue ngerasa capek banget. Tapi gue ngerasa seneng juga soalnya gue bisa dapet pengalaman setelah berkunjung ke UIN Jakarta dan ngebayangin kalo gue bisa jadi mahasiswa di sana. Aamiin.

Post a Comment

3 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
  1. wahaha udah kayak maho aja lo jalan2 berduaan :p

    ReplyDelete
  2. Sialan.. -__-
    Gua masih doyan cewek bro!

    ReplyDelete
  3. Cieee.... seneng jalan bareng sama siapa tuhhh????

    ReplyDelete