Rainbirds


Rainbirds adalah novel karya Clarissa Goenawan yang dirilis pada 2018. Namun, saya beli novel ini di Periplus secara daring pada Oktober 2020, lalu baru membacanya di Januari 2021.

Novel ini bercerita tentang Ren Ishida yang sangat terpukul ketika mengetahui bahwa kakaknya, Keiko Ishida, ditusuk oleh orang misterius pada tengah malam, dan akhirnya meninggal. Merasa bahwa ada kejanggalan yang dialami kakaknya, ia pun yang tinggal di Tokyo langsung bergegas ke kota di mana kakaknya tinggal, yaitu di Akakawa. Ren adalah satu-satunya keluarga yang hadir menguburkan kakaknya karena kedua orang tuanya memiliki permasalahan pribadi dengan Keiko yang nanti diungkapkan di penghujung novel.

Karena sudah berada di Akakawa, ia memutuskan untuk mencari pekerjaan dan tinggal sementara di sana. Ia ditawari untuk menggantikan posisi mendiang kakaknya sebagai guru Bahasa Inggris di sebuah lembaga bimbingan belajar. Ia pun setuju. 

Meskipun begitu, ketika ia baru sebentar tinggal di sana, ia sudah bertemu beberapa orang yang dirasa misterius dan unik; sebut saja seperti Mrs. Katou yang mengidap penyakit mental karena kehilangan putrinya; salah satu anak murid (perempuan) Ren di Bimbel—yang ia sebut sebagai Seven Stars—yang sangat suka menemuinya dan ada indikasi bahwa Seven Stars menyukainya; dan salah satu tetangga di apartemen Ren yang lebih suka mengurung diri di siang hari dan baru keluar pada malam hari.

Lebih lanjut, saat Ren menyelidiki lebih dalam tentang kematian kakaknya, ia menemukan fakta bahwa Keiko terlibat dalam perselingkuhan dengan pria yang sudah menikah yang kebetulan adalah seorang politisi lokal. Semakin banyak Ren mencari tahu tentang kehidupan Keiko, semakin ia menyadari betapa sedikit yang ia ketahui tentangnya. Melalui interaksinya dengan orang-orang terdekat Keiko, Ren mulai menyusun peristiwa-peristiwa menjelang kematian Keiko.

Sepanjang novel, Ren juga bergulat dengan perkembangan emosionalnya. Sebab, ia menghadapi masalah dengan masa lalunya yang belum terselesaikan, termasuk hubungannya yang tidak akur dengan ayahnya.

Dari kisah-kisah itu, saya jadi mengikuti perjalanan Ren dalam menyikapi segala hal yang terjadi pada hidupnya sambil sedikit demi sedikit membongkar siapa yang bertanggung jawab atas kematian kakak perempuan yang sangat disayanginya.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.