Kumpulan Cerita 'Men Without Women'


Kumpulan cerita dari Haruki Murakami ini membuat saya menikmati kisah-kisahnya dari setiap judul. Terdapat tujuh judul di sini, yang mana jika saya ceritakan secara singkat adalah sebagai berikut:

1. Drive My Car: tentang seorang pria yang bercerita kepada supir barunya bahwa ia mengetahui mendiang istrinya selingkuh dengan pria lain. Tetapi, ia malah berteman dengan selingkuhan istrinya tersebut.

2. Yesterday: tentang seorang lelaki yang gagal ujian masuk universitas dan meminta temannya untuk mengencani kekasihnya. Hal tersebut dilakukannya karena ia merasa sudah jarang berkomunikasi dengan pacarnya setelah lulus SMA.

3. An Independent Organ: tentang seorang lelaki yang suka bergonta-ganti pacar. Namun, suatu hari, ia malah cinta mati dengan seorang perempuan--yang sudah punya suami dan anak--yang dianggapnya berbeda dan cocok dengan hatinya. Padahal, sebelumnya, ketika ia berhubungan dengan lawan jenis, ia selalu tak terbawa perasaan.

4. Scheherazade: tentang seorang istri yang memiliki hubungan gelap dengan pria lain. Ia suka bercerita kepada pria simpanannya tersebut mengenai kebiasaan ganjilnya semasa SMA dalam menyukai lelaki idamannya saat itu.

5. Kino: tentang seorang lelaki bernama Kino yang memiliki sebuah bar setelah ia bercerai dengan istrinya. Selama menjaga bar tersebut, ia sering menemui berbagai tipe pelanggan, salah satunya adalah seorang perempuan yang mengunjungi barnya ketika hujan deras. Akan tetapi, setelah itu, ia dan perempuan tersebut jadi "tidur" bersama.

6. Samsa in Love: tentang seorang lelaki yang tiba-tiba bangun dari tidurnya dan merasa bahwa dirinya adalah Gregor Samsa seperti dalam novela karangan Franz Kafka. Bedanya, ia bukan kecoa besar, melainkan menjadi lelaki yang rapuh. Setelah ia mulai mencari tahu kehidupan anehnya tersebut, ia bertemu dengan perempuan bungkuk yang berprofesi sebagai tukang reparasi kunci. Ia merasa jatuh cinta kepadanya.

7. Men Without Women: cerita yang menjadi judul buku ini adalah tentang seorang pria yang tiba-tiba saja mendapatkan telepon di tengah malam yang mengabarkan bahwa mantan pacarnya telah meninggal. Yang mengejutkan, ternyata yang mengabari berita tersebut adalah suami si mantan pacar. Ia pun mulai merenungi tentang kejadian itu dan bagaimana nasib seorang pria ketika ditinggalkan wanita yang dicintainya.

Secara keseluruhan, tema pokoknya adalah tentang percintaan dan kesendirian serta bagaimana setiap tokohnya harus mengatasi masalah dan kejadian yang berlangsung dari setiap kisah cinta yang mereka rasakan; ada yang menyesakkan hati, ganjil, dan bikin merenung. Selain itu, yang menjadi favorit saya adalah Drive My Car, Yesterday, dan Men Without Women.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.