The Total Money Makeover


Semakin bertambahnya umur, saya semakin sadar untuk mengelola keuangan dengan baik. Sebisa mungkin, saya harus menyimpan dan membelanjakan uang yang saya hasilkan dengan bijak, tanpa harus membeli barang yang dirasa tak perlu akibat nafsu yang tak terkontrol. Untuk menambah referensi dalam merencanakan keuangan tersebut, saya membaca buku The Total Money Makeover karya Dave Ramsey. Meskipun buku ini ditulis berdasarkan konteks keadaan masyarakat di Amerika Serikat, tetapi secara garis besar, saya bisa mendapatkan maksud dan ilmu yang diberikan.

Secara singkat, di sini dijelaskan tentang langkah-langkah dalam mengelola uang supaya kita bisa berinvestasi, menabung, serta terhindar dari mengutang atau segera melunasi utang yang kita miliki. Dalam hal membayar pun, kita disarankan untuk jangan pernah menggunakan kartu kredit selama kita memiliki uang yang cukup untuk membeli sesuatu. Karena pada kasus sebagian besar masyarakat Amerika, mereka terbiasa menggunakan kartu kredit untuk membeli kebutuhan sehari-hari, tanpa disadari ternyata bunga atau tunggakan yang mereka punya semakin membengkak.

Selain itu, Dave Ramsey juga menjelaskan tentang betapa ketika kita sudah berhasil mengelola uang dengan baik, sehingga memiliki lebih banyak uang, kita juga harus diimbangi dengan--istilah pada umumnya--bersedekah. Karena dengan bersedekah, hidup kita akan merasa tenang dan, secara spritual, uang yang kita dapatkan bisa bermanfaat untuk keluarga kita sendiri dan orang lain yang membutuhkan. 

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.