Kegiatan untuk Mengisi Libur Panjang


Libur panjang yang sedang gue jalani saat ini memang tidak selamanya menyenangkan, terkadang kalau gue hanya melakukan hal yang itu-itu saja, seperti makan dan tidur, akan menjadi membosankan. Entah mengapa saat SMA dulu ketika libur semester hanya berdurasi dua minggu, gue merasa itu terlalu cepat; tapi ketika sekarang gue memiliki libur yang berdurasi dua bulan, ternyata terasa lama. Labil memang.

Sejenak gue berpikir, kata “lama” yang dirasakan oleh seseorang itu ternyata relatif, tergantung kegiatan yang dilakukannya. Maksudnya, ketika seseorang melakukan kegiatan atau pekerjaan seharian penuh, kemungkinan besar yang dirasakannya adalah waktu bergerak begitu cepat; apalagi kegiatan yang dilakukannya itu dirasa menyenangkan. Sebaliknya, ketika seseorang hanya berdiam diri setiap hari, gak ada kerjaan, kemungkinan besar waktu yang dirasakannya bergerak begitu lambat.

Terus, liburan enaknya ngapain ya?

Pergi ke tempat wisata? Bosen (sebenarnya lagi gak ada uang sih. Hehe).

Jalan-jalan berdua sama pacar? Ternyata si pacar udah punya janji jalan sama pacarnya (lah, gimana?).

Nah, untuk menghilangkan rasa bosan yang sering datang dalam menjalani libur kuliah yang masih lumayan lama ini, gue sering melakukan kegiatan yang berbeda supaya waktu yang gue habiskan gak terbuang sia-sia begitu saja. Apa sajakah itu?

1. Membaca buku


Buku merupakan salah satu benda favorit gue. Dengan membaca buku, selain menambah pengetahuan, gue juga bisa berimajinasi. Kebanyakan buku yang gue baca adalah novel; dari novel bergenre komedi sampai bergenre misteri, seperti detektif. Gue menyukai novel sejak SMA; karena saat SD sampai SMP, gue lebih suka membaca komik dan buku bergambar lainnya. Oleh karena itu, biasanya sebelum libur panjang tiba, gue sering membeli lumayan banyak buku untuk dibaca di rumah. Ya, karena ketika libur panjang, gue lebih suka menghabiskan waktu di dalam kamar dan malas banget untuk pergi ke luar kalau gak ada kegiatan yang penting-penting banget untuk dilakukan.

2. Bermain gitar


Bernyanyi dan bermain gitar merupakan kegiatan yang suka gue lakukan di dalam kamar, apalagi ketika libur seperti yang gue jalani saat ini. Dengan menyanyi, gue merasa bisa membangkitkan mood ketika rasa bosan melanda, walaupun dengan kualitas suara gue yang apa adanya ini. Lagu yang gue nyanyikan pun adalah lagu yang sedang gue suka banget. Maksudnya tuh kalau gue sedang suka terhadap satu lagu, gue bisa menyanyikannya secara berulang-ulang sampai merasa bosan dan akhirnya menemukan lagu baru lainnya.

3. Bermain game


Abaikan kondisi kamar yang ditampilkan di gambar. Pro Evolution Soccer (PES) merupakan game sepak bola yang udah dua tahun terakhir ini sering gue mainkan di laptop. Biasanya, gue memainkan game tersebut bersama teman-teman di kosan setelah pulang kuliah. Di saat libur kuliah tiba, gue tetap memainkan PES untuk membunuh rasa bosan di dalam kamar. Ya, bermain game memang membuat waktu terasa cepat untuk dilalui, daripada bermain sabun.

4. Menonton film

Menonton film di sini maksudnya bukan menonton film di bioskop ya. Jadi sebelum libur panjang tiba, gue sering minta file film ke teman untuk ditonton di laptop. Dari hasil mengumpulkan film itu, koleksi film di laptop gue jadi lumayan banyak. Liburan gue pun jadi terasa gak membosankan karena setiap malam gue suka menonton film secara marathon Dengan begitu, kita yang dulu harus menunggu film-film berseri tersebut selama satu atau dua tahun, sekarang kita bisa menontonnya sekaligus dan feel dari film pertama sampai terakhir jadi terasa lebih hidup ceritanya. 

5. Hang-out bersama teman

Setelah kegiatan dari nomor satu sampai empat di atas ternyata mulai terasa bosan untuk dilakukan, biasanya kegiatan selanjutnya adalah hang-out bersama teman terdekat. Diawali dengan janjian untuk berkumpul, biasanya gue dan teman-teman memilih kampus sebagai titik bertemu, kemudian kami pun pergi ke tempat yang udah dijanjikan. Tempat yang biasanya kami tuju adalah studio musik atau tempat makan siap saji. Khusus untuk studio musik, biasanya gue dan teman-teman memilih hari Jumat. Ya, karena pada hari tersebut terdapat diskon untuk tarif sewanya, jadi cukup murah. #MentalAnakKos

***

Itulah beberapa kegiatan gue selama liburan untuk membasmi rasa bosan yang melanda. Semoga dengan begitu, liburan yang dijalani bisa bermanfaat dan menyenangkan. Ini liburanku, bagaimana dengan liburanmu?

You Might Also Like

0 comments