Usaha untuk Tidur Nyenyak

  • December 08, 2016
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 16 Comments

Sumber gambar: Tumblr

Salah satu aktivitas penting manusia adalah tidur. Dengan tidur, energi kita yang sudah dipakai akan diisi ulang kembali supaya saat bangun, kita bisa memulai kegiatan dengan penuh energi lagi. Akan tetapi, kita juga harus memperhatikan apakah tidur yang kita lakukan itu berkualitas atau enggak. Berkualitas di sini maksudnya berarti kita bisa mendapatkan tidur yang nyenyak tanpa adanya gangguan apapun. Karena, seperti yang pernah gue alami, gue merasa bahwa gue sudah berusaha untuk tidur di awal waktu, yaitu sekitar pukul sepuluh malam. Akan tetapi, ternyata saat bangun dan melakukan aktivitas di kampus, badan gue malah terasa gak enak dan cepat ngantuk. Nah, kejadian yang pernah gue rasakan itu penyebabnya karena tidur yang gue lakukan ternyata gak nyenyak. Iya, karena setelah gue selidiki, dari beberapa kebiasaan gue lah yang menjadi penyebab terganggunya kualitas tidur yang gue rasakan.

Jadi, kali ini gue mau membagi pengalaman supaya tidur yang kita lakukan itu bisa nyenyak. Oke, langsung saja ya!

1. Melakukan “ritual” sebelum tidur

Maksud ritual di sini itu bukan ritual seperti penyembelihan kepala kerbau disertai dengan tarian aserehe. Namun, yang gue maksud adalah sebelum kita berusaha untuk tidur di malam hari, sebaiknya kita melakukan beberapa aktivitas supaya tubuh kita itu menjadi rileks dan santai. Contoh aktivitas tersebut adalah dengan merendam kaki di air hangat, minum secangkir teh herbal hangat, mendengarkan musik yang bisa membuat pikiran menjadi tenang, atau dengan menyemprotkan pengharum ruangan di kamar tidur kita supaya suasana menjadi nyaman dan harum. Ya, beberapa aktivitas tersebut sering gue coba setiap malam. Hasilnya pun saat gue bangun di pagi hari, badan dan pikiran gue bisa segar kembali.

2. Memeriksa keadaan tempat tidur

Kondisi tempat tidur kita memang berpengaruh kepada kelangsungan tidur yang kita lakukan. Misalnya saja kasur yang dipakai untuk tidur itu ternyata gak nyaman dan malah membuat badan terasa pegal-pegal. Oleh karena itu, kita gak disarankan tidur di atas kasur yang terbuat dari kulit durian, kecuali kalau kamu Limbad. Sebisa mungkin, kasur yang kita gunakan itu lembut dan halus, seperti halusnya kulit bintang iklan sabun kecantikan. Dengan begitu, saat kita sudah mendapatkan kondisi kasur yang nyaman, tidur pun akan menjadi nyaman juga. 

Namun, jika kalian (wahai para lelaki) ingin mendapatkan tidur yang ekstra-nyaman-banget, caranya adalah dengan tidur di kasur empuk ditemani oleh bintang iklan sabun kecantikan. Hehe.

3. Diusahakan jangan menatap layar ponsel sebelum tidur

Menatap ponsel sebelum tidur ternyata sudah menjadi kebiasaan oleh beberapa di antara kita. Dan, hasil dari pancaran sinar ponsel tersebut ternyata bisa memengaruhi mata kita lho, sehingga jadi susah tidur. Itu menurut penelitian di sini. Apalagi yang ditatap di ponsel itu ternyata foto mantan, yang ada nanti selain susah tidur malah jadi susah melupakan kenangan juga. Duh.

Oleh karena itu, ketika ingin tidur, kita diusahakan untuk gak memainkan ponsel. Ya, semaksimal mungkin kita harus bisa mengatur jarak waktu antara memainkan ponsel dengan jadwal tidur supaya kualitas tidur kita tetap terjaga dengan baik. 

4. Berolahraga 

Dengan berolahraga, tubuh kita akan merasakan keuntungannya, salah satunya untuk mendapatkan kualitas tidur. Ya, karena setiap gerakan yang dihasilkan dari berolahraga, itu bisa membuat tubuh kita mengeluarkan keringat dan sehat. Namun, jenis olahraga yang dilakukan sebelum tidur janganlah yang berat-berat, seperti lari marathon keliling Jakarta. 

Olahraga yang biasa gue lakukan di malam hari adalah badminton. Jadi, saat selesai berolahraga, tubuh gue jadi merasa lelah. Nah, dari rasa lelah tersebut, tubuh gue jadi merasa nyaman untuk tidur. Tapi yang pasti, harus bersih-bersih dulu setelah olahraga supaya keringat yang menempel di tubuh gak dibawa tidur karena nanti bakal banyak nyamuk yang menggerayangi.

***

Nah, dari beberapa pengalaman gue di atas, semoga bisa membuat para pembaca semua mendapat suasana tidur yang baik. Karena, ketika kita bisa tidur nyenyak, saat bangun pun badan jadi terasa lebih bersemangat. Dengan begitu, kita bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan energi yang semaksimal mungkin.

Oh iya, jangan lupa berdoa sebelum tidur ya!

You Might Also Like

16 comments

  1. Hal yang biasa sering gue lakukan yaitu yang nomor 3 yaitu main ponsel sebelum tidur, dan itu benar sekali membuat gue jadi susah untuk tidur ditambah lagi akhir2 ini gue jadi gak pernah untuk berolahraga karena setiap hari selalu ada deadline di kampus -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting saat ada deadline di kampus, harus bisa mengatur waktu aja supaya bisa mendapatkan waktu tidur secukupnya.

      Delete
  2. Cuman tertarik dgn yg tidur sambil main ponsel, aku selalu melakukan hal itu sebelum tidur, biasalah main coc.

    Tapi loh, aku nggk pernah mengalami gangguan tidur, baru lima menit tiduran malah ketiduran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena cara tidur setiap orang beda-beda ya, jadi ada yang gampang dan susah tidur.

      Delete
  3. Well, berhubung aku tipe-tipe orang yang gampang tidur, hal-hal itu justru ngga perlu dilakuin hahaha tiba-tiba udah 'blek' tidur. Hal yang harus aku baca justru misalnya kaya 'agar melakukan ritual sebelum tidur' atau 'merubah kebiasaan tidak mudah mengantuk' gitu2 ;__;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gue pengen banget tuh biar gampang tidur, tapi pas dicoba ternyata harus mempraktikkan cara di atas terlebih dulu. Hehe.

      Delete
  4. Biasanya sih kalo udah capek banget, seharian wara-wari, bisa langsung tidur, nyenyak lagi tanpa ritual apapun.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Kalau habis melakukan banyak aktivitas seharian, tubuh pasti bawaannya pengen langsung ke kasur. :D

      Delete
  5. eh ganti sprei tuh juga ampuh buat tidur nyenyaaak wkwk

    kebetulan nih kemarin-kemarin banyak pikiran jadi susah tidur. padahal segala hal udah dilakuin tapi kaya yg mau merem keinget ini keinget itu hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika lagi banyak masalah memang suka gitu. Jadi, sebisa mungkin kita harus menenangkan pikiran terlebih dulu ketika mau tidur.

      Delete
  6. Biasanya malem sebelum tidur gua suka denger musik sambil browsing social media. Kadang kalo inspirasi tiba-tiba muncul, suka nulis blog ampe subuh, hahaha. Kacau-kacau. Btw lu tau tarian aserehe? Itu tandanya umur kita gak terpaut jauh donk hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tarian Aserehe adalah salah satu fenomena masa kecil gue juga, bahkan saat itu ada gosip bahwa barang siapa yang mengikuti tarian tersebut adalah pengikut setan. Haha.

      Delete
  7. Jangan lupa membaca doa juga wkwk

    hal yang paling sering kita lakukan dan secara tidak sadar mengganggu tidur kita adalah " menatap layar ponsel ketika mau tidur " memangsih sudah ada penelitiannya dan terbukti secara klinis, tapi kita masih aja sering melakukan hal itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, godaan menatap layar ponsel sebelum tidur memang godaan paling berat untuk dihentikan. :D

      Delete
  8. aaaa.... ini sering gue alami, gue suka nggak bisa tidur lelap. Apalagi gue tipe orang yang kalo nggak capek banget nggak bisa tidur, makanya kalo bangun pagi-pagi serasa abis digebukin orang sekampung, sakit-sakit semua badan. Cuma ya mungkin karena udah jadi kebiasaaan gw lebih produktif di malam hari dari pada siang. Jadi masalah gue adalah gue udah susah tidur trus gak nyenyak tidur juga lagi, udah kayak habis jatuh ketiban tangga.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saat ada banyak tugas dari kampus, gue juga jadi produktif pas malam hari. Tidur pun harus bisa diatur supaya badan gak sakit kayak habis ketiban tangga. Hehe.

      Delete