Mempelajari Bahasa Inggris

  • December 13, 2016
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 8 Comments

Sumber gambar: justlearningenglish.com

Mempelajari bahasa asing memang seru. Dengan begitu, bisa menambah wawasan kita terhadap dunia luar yang ternyata memiliki banyak ragam bahasa berbeda. Dari sekian banyak bahasa, yang selama ini sering gue temui dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Inggris. Ya, sejak gue masih TK, gue sudah mengetahui bahasa Inggris. Saat itu gue masih sekadar mengetahui, belum memahami tentang bahasa tersebut secara menyeluruh. Gue mengetahuinya dari tayangan televisi, salah satunya adalah dari acara komedi Mr. Bean. Meskipun di acara tersebut memang lebih memfokuskan tingkah kocak si Mr. Bean, tetapi gak jarang ada percakapan yang membuat gue mengerti bahwa yang mereka ucapkan adalah bahasa Inggris.

Berlanjut ke SD, kedua orang tua gue menyuruh gue untuk ikut kursus bahasa Inggris. Mereka mempunyai alasan bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dikuasai bagi setiap orang, terutama di Indonesia, dan juga supaya memiliki karir bagus di masa depan. Awalnya gue menolak karena lebih milih kelayapan gak tentu arah bareng teman-teman di lingkungan rumah daripada ikut kursus. Akan tetapi, saat gue kelas enam SD dan mengetahui bahwa dalam video game pun ternyata sebagian besar bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, akhirnya gue mau dan pergi ke tempat kursus yang jaraknya sekitar 100 meter dari rumah.

Berawal dari kursus tersebut, lama-kelamaan gue pun menyukai bahasa Inggris. Menyukai dalam arti bahwa bahasa Inggris memang penting banget dikuasai di zaman globalisasi ini, sehingga gue berpikir bahwa gue gak akan kesulitan lagi saat bermain video game atau mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris. Karena kesukaan gue kepada bahasa Inggris, ketika lulus SMA dan melanjutkan ke perguruan tinggi, jurusan pertama yang gue pilih adalah Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Alhamdulillah, ada perkembangan dalam kemampuan gue di listening, reading, dan speaking sejak gue mempelajari bahasa tersebut sampai sekarang ini.

Di postingan gue kali ini, gue mau membagi pengalaman sederhana saat gue mempelajari bahasa Inggris di luar kelas. Jadi, meskipun kita sedang berada di rumah, kita pun bisa terus mencoba untuk melancarkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Gak harus di sekolah atau tempat kursus. Oke, ini dia!

1. Membaca dengan suara keras

Dengan membaca dalam volume suara yang dikeraskan─yang penting dalam tingkat suara yang gak mengganggu tetangga yang sedang tidur─itu bisa membuat kita meningkatkan kemampuan dalam berbicara dan menemukan kata-kata baru. Jenis buku yang dibaca bisa komik, novel, atau buku apa pun yang disukai. Namun, dari pengalaman awal gue belajar, gue lebih suka membaca komik berbahasa Inggris karena dari komik, gue merasa bisa melihat ekspresi para tokohnya ketika melakukan percakapan. Nah, dari sana, kita jadi bisa mengikuti bagaimana ekspresi yang dimunculkan, sehingga saat kita membacanya pun, kita bisa belajar bicara bahasa Inggris sambil mengekspresikannya.

Di zaman yang sudah memakai internet ini, gue rasa kita gak akan sulit menemukan komik online berbahasa Inggris. Dengan begitu, bisa memudahkan kita dalam memilih judul komik mana yang seru untuk dibaca. Contohnya saja seperti ini:

Sumber gambar: ryumanga.com

2. Menyanyikan lagu favorit

Salah satu teman perempuan gue adalah penggemar K-Pop. Dia suka banget mendengarkan sambil menyanyikan lagu dari boyband yang dibentuk oleh Kim Jong Un. Lha, ternyata Korea Utara. Selain dinyanyikan, ternyata dia juga mendalami bahasa Korea, sehingga saat menemukan kata baru di lagu yang dia dengarkan, dia langsung mencarinya di kamus yang sudah di-install di ponsel pintarnya.

Gak jauh berbeda dengan kita yang mempelajari bahasa Inggris. Dengan mendengarkan sambil menyanyikan lagu favorit berbahasa Inggris, secara gak langsung itu bisa mempermudah kita dan membuat kita gak bosan saat mendengarkannya. Oh iya, bagi yang masih kesulitan ketika kita belum tahu lirik dari lagu yang didengarkan, di Youtube ada tuh video-video unofficial yang menampilkan lagu beserta liriknya. Ini salah satu contoh lagu yang gue suka:


Jangan lupa saat bernyanyi, kita harus memerhatikan pronunciation yang diucapkan oleh si penyanyi supaya kita mengerti bagaimana kata tersebut diucapkan secara langsung. Selain itu, jika kita menemukan bahasa slang atau bahasa informal sehari-hari yang belum kita tahu artinya, kita bisa langsung mencari di Google.

3. Bermain video game

Seperti yang gue katakan di awal postingan ini. Jadi, karena sebagian besar video game yang gue mainkan sejak SD memakai bahasa Inggris, membuat gue penasaran dan berkeinginan untuk mempelajarinya supaya gak kesulitan dalam memahami jalan cerita di game. Lalu, cara mempelajarinya sama seperti di poin pertama dan kedua, tergantung jenis game yang dimainkan. Jika percakapan dalam game berupa teks (seperti di Playstation 1), kita bisa coba membacanya sambil diucapkan dengan volume keras. Atau, kalau di dalam game percakapannya sudah canggih karena setiap karakternya bisa berbicara (seperti di Playstation 2 sampai 4), kita tinggal memperhatikan subtitle-nya dan mencatat jika ada kata baru yang muncul.

Cuplikan game Final Fantasy VIII yang pernah gue mainkan saat SMP. Di dalam ceritanya menggunakan bahasa Inggris berupa teks.
(Sumber gambar: gamespite.net)

4. Menggunakan bahasa Inggris setiap hari

Mempelajari bahasa memang gak ada artinya jika gak dipraktikkan sehari-hari. Ya, dengan menjadikannya kebiasaan dalam aktivitas sehari-hari, itu bisa meningkatkan proses kita dalam menguasai bahasa Inggris. Yang sering gue lakukan dalam berbahasa Inggris setiap hari adalah dengan mencoba mencari teman untuk mengobrol secara langsung atau via Whatsapp/BBM/LINE berupa voice note. Dari obrolan itu, kami bisa saling memperbaiki jika ada kata yang salah diucapkan dan bertanya jika ada kata baru yang didengar. 

Tapi, kalau gak punya teman yang bisa diajak ngomong bahasa Inggris gimana, Gung?

Tenang, sekarang zaman sudah canggih dan aplikasi pendukung bagi orang-orang yang ingin mempelajari bahasa sudah tersedia. Contoh aplikasi yang dimaksud adalah Duolingo dan Hello Talk. Ya, kedua aplikasi tersebut bisa diunduh di Playstore dan rasakan manfaatnya.

***

Dari pengalaman yang sudah gue jelaskan di atas, semoga kalian yang ingin mempelajari bahasa Inggris atau bahasa lainnya bisa dengan mudah mempraktikannya. Dan, karena di zaman sekarang teknologi sudah canggih, jadi dengan modal smartphone dan koneksi internet, kita bisa mempelajari bahasa dari negara-negara besar di mana pun dan kapan pun. Namun, jika ada yang ingin belajar bahasa Inggris bareng, gue juga bersedia kok, tinggal hubungi gue lewat email (email.agungwicaks@gmail.com). Semangaaat!

You Might Also Like

8 comments

  1. Yang nomor 3 setuju banget dengan bermain game kemampuan bahasa inggris ku bisa bertambah walaupun sedikit demi sedikit. tapi cara yang paling cepat untuk mengguasai bahasa asing yaitu mempraktikanya setiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermain game bisa meningkatkan bahasa Inggris pasif, sedangkan menggunakannya sehari-hari meningkatkan bahasa Inggris menjadi aktif.

      Delete
  2. Tips di atas semuanya gua lakuin, kecuali no 1. Dan yg paling berguna tuh yg no 4. Jaman dulu gua sering chatting sama bule, jadi bahasa inggris gua lama-lama kebawa bagus hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau ngobrol sama bule, entah secara langsung atau lewat media sosial, itu bisa membuat kita jadi terbiasa. Yang penting percaya diri dan gak malu untuk memperbaiki kesalahan.

      Delete
  3. Dengarkan lagu dan nonton film luar negeri, secara tidak langsung ikut berperan terhadap kemampuan bahasa Inggris gue. Sekarang sih bisa dibilang masih pasif, gue belum begitu paham cara menyusun kata-kata untuk menjadi kalimat, tapi gue bisa ngerti apa yang mereka maksudkan.

    Zaman udah globalisasi dan MEA begini, bahasa inggris memang dibutuhkan banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, di zaman ini jika gak bisa bahasa Inggris, kemungkinan besar bakal menghambat perkembangan karier. Jadi, diusahakan bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris.

      Delete
  4. wahahaha, kalau kendala gue dari dulu di bahasa inggris itu di grammar. kalau vocabulary, dengan mendengarkan lagu bahasa inggris atau main video game juga udah keasah sih. tapi berhubung gue bukan gamer, gue biasanya lebih sering nonton english movie sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memahami grammar memang lumayan rumit, tapi diusahain harus dikuasai karena grammar yang baik bisa menentukan kalimat yang baik juga.

      Delete