Sejenak Merenung

  • December 28, 2015
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 2 Comments


Kamu sedang berada di depan layar laptop. Di sana, kamu ditemani buku, kasur, ponsel, gitar, jam dinding, kipas angin, dan lain-lainnya yang kamu yakin tak perlu untuk disebutkan semuanya karena kamu merasa yang akan membaca tulisan ini pun tak akan peduli.

Apa yang sedang kamu lakukan di depan laptop?

Jika dilihat dari kebiasanmu yang sering terjaga sampai larut malam, bahkan tak jarang juga sampai bergadang, kamu sedang mengerjakan tugas kuliahmu. Tugas kuliah yang sebenarnya jika tidak dikerjakan, tidak akan dimarahi oleh dosen karena mereka merasa kalau kamu sudah dewasa. Namun, karena kamu tidak mau dan tak akan pernah mau mengulang mata kuliah di tahun depan serta karena itu adalah tanggung jawabmu kepada orangtuamu yang telah membiayaimu, jadilah kamu mulai mengetik di Ms. Word untuk mulai mengerjakan tugasmu itu.

Di luar rumah pasti sedang dingin dan gelap, tapi karena kamu berada di kamarmu sendiri, kamu jadi tidak merasakan itu. Suasana hening dan sepi inilah yang menjadi kesukaanmu untuk mengerjakan tugas karena kamu merasa bisa berpikir lebih tenang.

Lihat juga keduaorangtuamu. Mereka berada di kamarnya dan sedang tidur pulas karena seharian telah berlelah-lelah mencari uang untuk mencukupi kehidupanmu, termasuk biayamu di kampus. Dengan begitu, saat kamu merasa lelah karena tugas kuliah menumpuk, kamu bisa jadi ingat perjuangan orangtuamu dalam memberikan biaya pendidikanmu selama ini yang mana biaya tersebut sangat besar, sehingga semangatmu untuk menyelesaikan kuliah semakin besar juga.

Dari renunganmu malam ini, kamu pun jadi tersadar untuk selalu fokus kepada aktivitasmu sebagai mahasiswa dan mencoba untuk tidak mengeluh dengan apa yang terjadi di kehidupanmu. Kamu menjadi lebih bersyukur kepada nikmat yang diberikan oleh-Nya. Dan yang terakhir, kamu mulai mengerjakan tugasmu lagi karena kamu menulis tulisan ini sebagai selingan untuk menghilangkan rasa jenuh yang muncul di otak.

You Might Also Like

2 comments