Bangkitlah, Manchester United!

  • August 28, 2014
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 0 Comments



Manchester United merupakan klub sepakbola yang memiliki banyak prestasi dan sejarah. Selain itu, memiliki banyak sekali fans yang bertebaran di setiap negara; salah satunya gue. Sejak kapan gue menjadi pendukung MU, bisa dilihat di postingan ini.

Melihat performa MU di musim sebelumnya──setelah Sir Alex pensiun dan digantikan oleh David Moyes──emang kurang begitu baik, walaupun gue merasa kalau mereka sudah berusaha dengan maksimal. Menjuarai Community Shield melawan Wigan Athletic di awal musim, para fans dan pemain optimis kalau pada musim itu MU bisa menjuarai kompetisi Liga Inggris dan kompetisi lainnya di bawah pimpinan David Moyes. Tapi setelah kompetisi berjalan, ternyata MU banyak mengalami kekalahan sehingga di akhir musim MU terpuruk di peringkat tujuh Liga Inggris. Akhirnya di musim 2013/14, MU pun gak mendapatkan gelar apa-apa (Community Shield gak dihitung).

Saat itu juga, selain kompetisi Liga Inggris belum selesai, ternyata para petinggi MU merasa kurang puas dengan taktik dari David Moyes yang membuat performa MU menjadi menurun. Karena hal tersebut, akhirnya Moyes dipecat dan digantikan oleh Ryan Giggs yang saat itu masih menjadi pemain sampai kompetisi selesai.


Sebagai fans yang masih menonton di layar kaca, gue hanya bisa mendukung MU dan menikmati segala pertandingannya. Ya, transisi pelatih yang terjadi dari Sir Alex Ferguson yang sudah menangani MU selama 27 tahun (1986 - 2013) ke pelatih baru memang bukan perkara mudah. Ibarat sebuah hubungan yang sudah lama dibina, namun karena salah satu dari mereka sudah merasa lelah, maka dengan terpaksa mereka memang harus mencari seseorang yang baru. Meskipun gak mudah untuk menerima, kalau mereka bisa beradaptasi, kemungkinan besar bisa untuk memulai hubungan yang lebih baik.

Saat Piala Dunia 2014 sedang berlangsung di bulan Juni lalu, petinggi MU akhirnya memutuskan siapa yang akan menjadi manajer MU selanjutnya. Setelah gue menunggu dan mengikuti berita yang ada, ternyata pilihan tersebut jatuh kepada Louis van Gaal, pelatih Timnas Belanda yang saat PD 2014 kemarin mampu membawa Belanda sampai ke semi final. Gue pun optimis kalau dia juga akan mampu membawa MU kembali ke jajaran ‘The Big Four’ yang saat ini sering dikacaukan oleh klub tetangga (baca: Manchester City).


Ketika LvG sudah resmi menangani MU, dia langsung memburu pemain yang dirasa mampu untuk membuat skuat MU menjadi lebih kuat dan lebih baik karena saat ini banyak pemain MU yang pindah klub (seperti Vidic, Ferdinand, Buttner, Evra) dan ada juga yang pensiun (Ryan Giggs). Transfer pemain yang sudah resmi didatangkan adalah Ander Herrera (Athletic Bilbao), Luke Shaw (Southampton), Marcos Rojo (Sporting Lisbon), dan yang baru-baru ini adalah Angel Di Maria (Real Madrid), kemungkinan akan bertambah lagi sebelum batas transfer musim panas ditutup pada 1 September 2014 nanti.

Perubahan MU sudah mulai terlihat ketika mereka dapat memenangkan International Champions Cup 2014 ketika mengalahkan Liverpool 3 - 1 beberapa minggu lalu. Gue yang saat itu menonton dari rumah, gak berhenti berharap kalau MU pasti bisa membalikkan keadaan saat tertinggal lebih dulu dari gol penalti Steven Gerrard. Dan ternyata harapan itu terkabul.

Beberapa hari setelah kemenangan ICC 2014, ternyata MU masih belum mampu membuktikan kehebatannya saat melawan Swansea City di laga perdana Liga Inggris (16/08/2014). MU kalah tipis 1 - 2 dari Swansea City di markas kebesarannya, Old Trafford. Begitu juga ketika bertandang melawan Sunderland (24/08/2014), MU mendapatkan hasil imbang. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah ketika bertandang melawan MK Dons dalam laga perdana Capital One Cup (26/08/2014), MU kalah 4 - 0 dari klub kasta ketiga Liga Inggris tersebut dan terpaksa harus tersingkir lebih awal dari kompetisi COC. Gue yang gak sempat menonton pertandingannya secara langsung dan memilih untuk melihat highlights-nya di berita, cukup terkejut atas kekalahan itu.

Dari postingan ini intinya adalah adaptasi yang sedang dilakukan oleh Manchester United kepada pelatih baru memang sedang dalam proses; dan proses tersebut membutuhkan waktu, bukan terjadi secara instan. Yang penting percayakan saja semuanya kepada Louis van Gaal yang saat ini diberikan amanat untuk membuat perubahan ke arah lebih baik. Gue sebagai fans, tetap mendukung dan berharap kalau MU bisa kembali ke tahta puncak Liga Inggris dan menjuarai semua kompetisi yang masih berlangsung di musim 2014/15 ini, yaitu Liga Inggris dan FA Cup.

You Might Also Like

0 comments