Melupakan Mantan Pacar

  • October 28, 2013
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 4 Comments

Sumber gambar: letstalkrelations.com

Sebenarnya minggu ini gue lagi ada UTS. Tapi karena hasrat gue untuk nge-blog lebih besar, jadilah gue sekarang berada di depan laptop sambil merangkai huruf per huruf yang ada di keyboard supaya menjadi kalimat-kalimat yang indah (ini kenapa jadi sok puitis ya?).

Beberapa minggu lalu, gue mendengarkan curhatan dari salah satu teman (cewek). Iya, jadi ceritanya dia belum bisa move-on gitu dari mantannya. Padahal, mereka tuh udah lebih dari tiga bulan mengakhiri hubungan tersebut. Setelah itu, gue pun ngasih beberapa saran ke dia untuk segera ngelupain segala hal tentang mantannya itu. Belum tau deh sekarang, dia udah move-on atau belum. Semoga udah ya.

Ya, kalau ngomongin tentang mantan pacar emang gak bakal ada habisnya. Apalagi yang namanya mantan tuh kalau suka dipikirin bakal nempel terus di otak dan mata. Dan, tanpa disengaja seakan otak dan mata berkonspirasi untuk kembali melihat kejadian-kejadian masa lalu bersama si mantan. Kalau udah begitu, bisa-bisa ngebuat kita jadi sengsara. Ngelihat jendela, ada bayangan dia lagi senyum-senyum ke arah kita. Ngelihat meja makan, ada bayangan dia lagi nyuapin kita. Ngelihat jamban, ada bayangan dia lagi tidur-tiduran. Mau boker pun jadi terasa galau.

Sebagai seseorang yang mempunyai mantan pacar juga, kali ini gue mau ngebahas gimana cara untuk bisa segera move-on dari bayangan mantan. Gak enak kan mau melakukan segala aktivitas, terus tiba-tiba ada sesosok bayangan mantan muncul di hadapan kita. Tapi sebelum kita lanjut, gue mau tau dulu nih. Lu dan mantan pacar lu itu udah sedekat apa, sih? Kalau cuma sekadar cinta monyet, menurut gue itu gampang banget untuk ngelupainnya, tapi kalau lu pacarannya udah ke tahap panggilan sayang “Ayah-Bunda”, gue rasa itu bakal susah banget.

Oke, langsung aja ya..

1. Sebisa mungkin untuk jauh dari mantan

Jika setiap lo ngelihat mantan, tiba-tiba hati ini jadi terasa kesal. Alangkah baiknya kalau lo sebisa mungkin untuk jauh darinya. Salah satu contohnya adalah dari social-media. Ketika akun twitter lo masih nge-follow dia, cepetan deh untuk segera report as sperm spam akun twitter-nya. Di Facebook, cepetan deh untuk menghapus dia dari daftar pertemanan. Di WhatsApp atau BBM, buruan hapus kontak atau nomor Hp-nya. Kenapa? Karena kalau sampai nanti lo ngelihat si mantan tiba-tiba nge-upload foto bareng pacar barunya dengan pose yang begitu mesra, gue jamin lo bakal langsung pergi ke kamar mandi untuk showeran sambil minum baygon cair.. Hiii.

Untuk yang masih berada satu sekolah atau kampus dengan mantan, gue saranin untuk pindah sekolah atau mengganti jadwal kuliah supaya lo jadi jarang bertemu dia. Karena kalau misalnya lo terlalu sering bertemu dengannya, bisa-bisa lo jadi galau dan mengingat semua masalah-masalah percintaan yang pernah dilalui bersama. Ending-nya, lo jadi gak fokus untuk belajar. Nilai pun menurun dan ngulang terus deh mata kuliahnya.. Hiii.

2. Buang semua pemberian dari mantan

Poin selanjutnya maksudnya begini, jika dengan melihat benda-benda yang pernah diberikan mantan bisa membangkitkan memori-memori masa lalu sehingga susah move-on, gue saranin untuk ngehilangin semua benda-benda tersebut. Tapi kalau misalnya lo ngerasa gak tega untuk ngebuang benda-benda pemberian dari si dia, lebih baik lo masukin aja ke dalam kardus, kemudian letakkan di gudang. Untuk barang-barang yang lain seperti album foto bersama dia, boneka, bunga mawar, atau sisa tulang ayam goreng bekas makan berdua dengan dia saat malam Mingguan beberapa waktu lalu yang udah sempat lo jadiin gantungan kunci untuk kenang-kenangan. Hancurkan semua, jangan sampai ada yang tersisa!

3. Menyibukkan diri

Salah satu cara yang lumayan ampuh untuk bisa move-on dan ngebuat lo cepat untuk ngelupain mantan adalah memperbanyak menyibukkan diri dengan suatu aktivitas atau kegiatan yang lo suka, misalnya yang suka main musik, bisa pergi nge-band bareng teman-teman; yang suka jalan-jalan, bisa pergi ke tempat-tempat yang seru; yang suka maling ayam, siap-siap dipukulin warga sekitar. Nah, ketika lo sudah konsen dengan aktivitas itu, akhirnya lo pun akan lupa sama hal-hal yang berhubungan dengan mantan. Itulah sebabnya kenapa orang yang giat bekerja cenderung lebih cepat move-on dan bisa cepat ngelupain mantan daripada pengangguran. Yap, itulah sebabnya kenapa pengangguran lebih rentan galau.

4. Sebisa mungkin hindari memorable area

Poin yang ini masih berhubungan dengan poin yang kedua. Jadi kalau misalnya lo masih suka terbayang-bayang wajah si mantan atau tiba-tiba teringat masa-masa saat lo masih bersama dulu, dan pasti bisa ngebuat lo jadi galau dan nangis di bawah jemuran basah, makanya sebisa mungkin hindari untuk pergi ke area-area yang dulu pernah lo kunjungi berdua dengan dia. Misalnya mall, restauran, bioskop, tempat wisata, hutan, sawah, dan semak-semak. Karena ketika lo pergi ke area-area tersebut, bisa-bisa kenangan-kenangan lo bersama dia akan muncul kembali dan ngebuat lo jadi susah move-on. Nah, mendingan juga pergi ke masjid deh, ngaji.

5. Bayangkan si mantan dari sisi joroknya

Salah satu cara supaya lo bisa cepat move-on dari mantan adalah dengan membayangkan dia dari sisi joroknya. Coba deh lo ingat-ingat lagi hal apa yang pernah dilakuin si dia sampai-sampai lo merasa jijik. Misalnya dia suka ngupil sambil mainin Hp touch-screen, terus jari bekas ngupil itu ternyata dipakai untuk ngegeser-geser di layar Hp sehingga upilnya menempel dan melebar ke seluruh layar. Karena merasa lengket, akhirnya dia membersihkan upil itu dengan cara menjilat-jilat layar Hp tersebut. Kalau lo sampai muntah karena mengingat-ingat kejadian itu, berarti lo udah sukses merasa jijik sama dia dan gak akan mau ingat dia lagi.

6. Menjadi pribadi yang lebih baik

Poin terakhir nih. Poin yang agak benar. Gue cuma mau bilang kalau mantan adalah salah satu bagian dari masa lalu. Itu artinya jadikanlah dia sebagai “pelajaran” supaya tidak terulang di masa yang akan datang. Mungkin waktu dulu lo adalah orang yang manja, tapi setelah diputusin mantan, lo sekarang jadi seseorang yang bisa bersikap lebih dewasa dan bisa menghadapi masalah secara tenang. Mungkin waktu dulu lo suka kentut sembarangan di depan pacar, tapi setelah diputusin mantan, sekarang kalau mau kentut, lo minta izin dulu. Intinya sih lo akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi lo harus bisa berpikir positif dan menatap masa depan yang cerah, jangan lagi ada rasa galau yang menghinggap di hati dan pikiran, biarkanlah dia berlalu, mengalir seperti air. Saatnya sekarang lo membuka hati dan berdoa supaya lo mendapatkan seseorang yang terbaik, yang bisa membuat lo menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Cuma segitu dulu yang bisa gue bahas. Sampai jumpa!

You Might Also Like

4 comments

  1. thanks banget postingannya, walaupun belum semua galaunya ilang. tapi seenggaknya berkurang lah sedihnya :)

    ReplyDelete