Menjalankan Puasa dengan Baik dan Benar

  • July 09, 2013
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 0 Comments


ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUUUH~
JAMA’AAAAAAAAH~ OOOOOOOOH JAMA’AAAAAAAAH~

Gue gak bisa ngebayangin kalau misalnya gue berteriak mengucapkan kalimat di atas setelah shalat Ashar pas puasa besok. Gak tahu bakal berapa banyak jama’ah di musholla dekat rumah gue yang langsung batal puasa karena mengalami menstruasi di lubang hidung.

Yap, gak terasa ya kalau besok udah memasukki bulan Ramadhan lagi. Jadi yang masih bisa merasakan bulan yang penuh dengan berkah ini, kita harus banyak-banyak bersyukur. Ohh iya, mumpung sebentar lagi kita sebagai umat Islam bakal melaksanakan ibadah puasa, gue mau berbagi tips nih supaya ibadah puasa yang kita jalani bisa terlaksana dengan baik dan benar. Tips ini gue dapat dari pengalaman puasa gue di tahun-tahun sebelumnya. Semoga dengan tips ini, puasa yang kita jalankan tentunya bisa menjadi sumber pahala dan tidak merugikan orang lain. Oke, langsung aja ya, jama’aaah!!!

1. Sahur tepat pada waktunya


Banyak dari kita sering begadang melakukan kegiatan yang gue rasa malah bisa ngebuat kita jadi bangun kesiangan, salah satunya online di tengah malam. Karena kebiasaan yang sering dilakukan itu lah, secara gak langsung, efeknya yaitu jadi telat untuk makan sahur. Jadi, gue rasa kita harus bisa mengatur jam tidur supaya gak telat untuk bangun sahur. Kalau bisa sih diusahain makan sahur tepat waktu. Kenapa? Karena Allah mencintai umat-Nya yang suka makan sahur tepat pada waktunya. Jangan sampai lo makan sahur saat lo menyadari kalau waktunya udah mepet dengan waktu shalat Zuhur karena bisa-bisa puasa lo jadi batal.

2. Lakukan aktivitas dengan sewajarnya


Jangan mentang-mentang lagi menjalankan ibadah puasa, kita jadi sering diam melamun atau kerjaannya tidur terus seharian. Allah justru menyukai umat-Nya yang selalu melakukan aktivitas-aktivitas positif ketika mereka sedang berpuasa, dengan melakukan aktivitas positif itu insyaAllah kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Jadi, selama bulan Ramadhan harus tetap semangat ya untuk berangkat ke sekolah atau tempat kerja. Lakukanlah aktivitas tersebut dengan rasa ikhlas. Jangan lupa kalau haus, minum air mineral yang banyak supaya puasanya bisa kuat sampai sore. *Lho?

3. Rajin melakukan ibadah

Apalah artinya berpuasa, menahan rasa haus dan lapar seharian kalau lo gak melakukan shalat. Shalat kan merupakan tiang agama. Jadi kalau jarang shalat, berarti lo telah merobohkan pondasi agama lo sendiri dan meruntuhkan iman yang ada di dalam diri lo.


So, dengan kita rajin melaksanakan shalat, artinya kita jadi rutin untuk melakukan wudhu. Kalian pada tahu kan kalau wudhu itu punya efek yang positif?! Yap, dalam salah satu gerakan wudhu, ada yang namanya kumur-kumur. Nah, coba bayangin aja deh kalau kita sering berwudhu pas puasa, berarti itu sama aja kalau kita juga bakal sering kumur-kumur, sehingga nafas kita pun baunya gak parah-parah banget. Kalau ternyata udah kepepet dan merasa tenggorokan kering karena kehausan, mending pas lo wudhu diawali dengan membaca “Allahuma... lakusumtu wabika amantu~” deh, insyaAllah haus yang lo rasakan bakal hilang. #Sesat #JanganDitiru

4. Sebisa mungkin hindari hal-hal kecil yang bisa membatalkan puasa

Terkadang, kita suka gak menyadari atau memperhatikan hal-hal kecil dengan melakukan hobi-hobi iseng yang dulu sering kita lakukan dan sampai-sampai terbawa ke bulan Ramadhan ini. Tanpa disadari, ternyata perbuatan-perbuatan tersebut udah ngebuat puasa yang kita jalankan menjadi makruh, atau bahkan batal.


Nah, berikut ini adalah beberapa contoh hal-hal kecil yang biasanya masih sering kita lakukan tanpa sadar di bulan Ramadhan:

- Selalu ngomongin hal-hal yang berkaitan dengan makanan atau minuman

Banyak banget di antara kita ketika di bulan puasa suka ngobrol bareng teman-teman dan karena gak konsen ujung-ujungnya malah jadi ngomongin tentang makanan atau minuman, tapi tanpa disadari itu adalah perbuatan yang bisa ngebuat puasa kita jadi makruh lho.. Contoh kasus:

1.
“Ehh, semalem gue abis mainin game PES 2013 terbaru, jadi udah di-update gitu pemain-pemainnya..”

“APA? MINUM ES?! Es cendol atau es buah? Iya, emang enak banget tuh kalau diminum siang-siang bolong pas bulan puasa kayak gini..”

“...”

2.
“Pada tahu berita semalem gak?”

“Emangnya ada apa?”

“Itu ayamnya Pak Mamat hilang. Kayaknya dicolong pas orang-orang lagi pada ngelaksanain shalat tarawih di masjid deh.”

“Wah parah banget tuh maling, gak inget apa kalau sekarang bulan Ramadhan. Padahal kan tuh ayam bisa aja mau dipotong sama Pak Mamat buat dijadiin ayam bakar atau opor ayam nanti, malah dicolong seenaknya gitu. Ehh ngomong-ngomong tentang ayam, kayaknya enak juga ya kalau makan ayam goreng sore-sore gini..”

“...”

- Ngomongin orang

Hal-hal berikutnya yang bisa bikin puasa kita jadi makruh adalah ngomongin orang. Yap, ngomongin disini bukan cuma ngomongin, tapi ditambah dengan sindiran-sindiran yang disengaja. Kalau yang sering gue temui di dunia twitter sih orang-orang biasanya sering pakai hashtag #NoMention gitu. Contoh kasus:

@DinaLuphzDiaCllalu: Dasar cewek gak tau diri!!! Bisanya cuma ngedeketin pacar orang aja!!! #NoMention

@MamatNakkKerenz: Ngakunya orang kaya, tapi kalo makan minta bayarin mulu ke gue.. Bilang aja kere!!! Huft.. #NoMention

Yap, jadi sebisa mungkin kita harus menghindari ngomongin orang secara gak langsung seperti contoh di atas. Jangan sampai kita udah seharian menahan lapar dan haus, ehh ternyata pahalanya ZONK! :p

- Melakukan “kecelakaan” dengan disengaja

Ada juga lho orang yang melakukan kecelakaan emang didasari dengan niat “modus” biar dikira gak sengaja bisa makan atau minum. Contoh kasus:

Niatnya sih mau menghindari mulut bau selama puasa, tapi akhirnya malah jadi rajin kumur-kumur. Iya sih kumur-kumur, tapi kumur-kumurnya pakai es lemon tea..

Niatnya sih mau mandi sore, terus gosok gigi. Tapi karena perut terasa lapar, akhirnya secara sengaja menggunakan odol sebanyak lima sendok. Disengaja juga memakai odol rasa tiramisu.

Jadi, beberapa kasus di atas bisa membuat puasa kalian jadi makruh.. alias, gak dapat pahala! Be careful, guys! ;)

***

Hemm... segitu dulu tips gue untuk menjalani puasa dengan baik dan benar kali ini. Oh iya, gue juga mau minta maaf ke kalian kalau selama ini gue sering khilaf dan berbuat hal yang bikin hati kalian jadi kesal. Ayo kita sambut bulan Ramadhan ini dengan penuh sukacita dan hati yang suci! :)

Wassalam~

You Might Also Like

0 comments