Mencari Tempat Kos untuk Mahasiswa Baru


Tiba-tiba gue jadi teringat setahun yang lalu ketika pertama kali gue menginjakkan kaki di Ciputat. Yap, di sana gue mendaftar sebagai mahasiswa di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nah, langsung aja ya. Setelah gue diterima, gue mencoba untuk mencari tempat kos sebagai tempat tinggal gue di sana selama gue kuliah. Ketika itu Bokap yang nyariin tempat kos untuk gue, tanpa gue cek lokasinya terlebih dahulu karena saat itu gue masih ada Ospek di kampus.

Setelah persiapan selesai, gue balik lagi ke Ciputat, ngebawa beberapa barang gue yang ada di rumah untuk dipindahin ke tempat kos. Sesampainya di sana, gue kaget karena di dalam kamar kos yang bakal gue tempati banyak banget nyamuk dan debu yang bertebaran. Kirain gue, sebelum gue tiba, kamarnya udah diberesin gitu sama pemilik kosnya. Ya setidaknya debu-debunya dibersihin lah, tapi ternyata enggak. Jadilah malam pertama gue di kosan, gue ngebersihin debu-debu yang bertebaran di mana-mana. Selain waktu itu banyak banget nyamuk dan debu, sinyal pun juga susah kalau gue udah masuk ke dalam kosan. Gue berasa kayak di dalam goa.

Pokoknya dalam setahun ini, gue udah pernah ngerasain suka-dukanya menjadi anak kos deh, dari kelaparan di tengah malam dan hanya bisa ngegigitin kaos kaki sampai pas lagi shampoan, air kos di kamar mandi tiba-tiba habis. Nasib nasiiib...

Oke, dari kisah singkat gue di atas, gue mau berbagi pengalaman nih sama kalian yang sebentar lagi mau memasuki dunia perkuliahan supaya gak mengalami kesalahan yang pernah gue lakuin dulu. Apa aja itu? Let’s cekidot!

1. Cari di awal waktu

Cuma mau ngingetin aja. Sekitar dua bulan lagi kan mahasiswa baru mulai memasukki dunia perkuliahan nih, jadi gue harap kalian buru-buru deh nyari tempat kos. Kenapa? Karena pasti bakal banyak banget para mahasiswa baru yang mencari tempat kos juga. Jadi, jangan kaget kalau nanti lu sangat kesulitan nyari tempat kos yang kosong dan harga terjangkau karena udah pada diisi semua. Lagian nyarinya pas udah mepet tanggal kuliah sih. Ya kalau pun lu dapat yang masih kosong, kemungkinan itu kamar kos yang pernah dipakai sebagai markas sekte sesat. Hiii...

So, gue harap lu nyari kosan di awal sebelum tanggal perkuliahan dimulai. Kan enak tuh bisa milih sesuka hati. Itu juga kalau lu gak mau terpaksa menginap di teras masjid selama satu semester.

2. Pilih kos sesuai keinginan sendiri

Nyari kos di awal waktu emang baik, tapi lebih baik lagi kalau lu milih tempat kos sesuai dengan keinginan sendiri. Kenapa? Karena bagi gue, nyari tempat kos itu seperti nyari cewek. Gak enak kalau dijodohin sama orang. Yap, emang paling puas kalau kita bisa milih sendiri, meriksa sendiri, PDKT sendiri, sehingga kita tahu kekurangan dan kelebihannya dari awal. Jadi dengan begitu, kita gak bakal menyesal di belakang.

3. Harus bisa memperhatikan lingkungan sekitar

Setelah dapat tempat kos yang sesuai dengan keinginan, kita juga harus memperhatikan satu faktor yang penting lagi nih. Apa itu? Lingkungan. Yap, arti “Lingkungan” di sini merupakan karakter orang-orang yang bakal menjadi calon tetangga kita di kosan. Cobalah untuk memperhatikan karakter orang-orangnya seperti apa, karena kita bakal hidup bertetangga dengan mereka untuk waktu yang cukup lama. Kalau kita lagi iseng-iseng jalan di depan kosan, diam-diam perhatikan kondisi kamar-kamar tetangga kita itu. Mereka pada jorok-jorok gak? Banyak botol miras berserakan gak? Ada senjata nuklir tergeletak gak?

Kita juga harus bisa memperhatikan sikap orang-orang di sekitar. Suka teriak-teriak di malam hari gak? Suka melotot-melotot kalau kita lagi lewat di depannya gak? Suka makanin beling kalau lagi kelaparan gak? Suka duduk di pojok ruangan sambil nyiumin lem aibon gak?

Perhatikan juga karakter pemilik kos kita. Suka marah-marah gak? Mata duitan gak? Suka nge-smack down anak kos yang telat bayar kosan gak?

Jadi, kalau kita emang udah ngerasa cocok dengan lingkungan kos kita itu, kemungkinan besar kita bakal merasa betah dan nyaman tinggal bareng mereka di sana. Tapi misalnya kita gak merasa nyaman, mendingan jangan maksain, tinggalin aja. Kenapa? Karena kalau lingkungan kos kita diisi sama orang yang gak baik, secara gak sadar pasti lama-lama kita bakal ketularan juga dengan mereka, entah dari sikap atau kebiasaannya. Jadi, pandai-pandailah memilih teman di lingkungan sekitar.

4. Mudah mendapatkan sinyal

Nah, poin yang ini juga gak kalah penting. Seperti yang sering gue rasakan ketika berada di kosan gue di sana. Susah mendapatkan sinyal. Kesel gak sih kalau kita lagi di dalam kamar tiba-tiba sinyal ponsel kita hilang? Ya kesel lah. Salah satunya adalah gak bisa internetan. Apalagi bagi mahasiswa yang gak bisa jauh-jauh dari internet, mungkin seketika dia bakal galau. Ya kali kalau setiap mau update status di Facebook atau nge-tweet di Twitter, kita harus naik ke genteng dulu. Maka dari itu, sebelum memilih tempat kos, alangkah baiknya kita ngebawa ponsel untuk ngetes sinyal internet di sana.

5. Aksesnya mudah

Yap, poin yang ini juga jangan diremehin. Kalau kita mau milih kos, kita juga harus nyari yang tempatnya mudah untuk diakses ke mana-mana, salah satunya ada kendaraan umum yang sering lewat di depan kosan. Kalau kos yang gue tempatin itu dekat dengan kampus, jadi enak buat bolak-balik, apalagi kalau ada barang yang tertinggal.

Akses yang mudah emang perlu, karena kalau kita milih tempat kos di daerah terpencil di mana ketika kita mau berangkat ke kampus harus ngelewatin lembah, nyebrangin sungai yang ada buaya dan ikan piranhanya, dan kita cuma bisa menaikki sepeda untuk ngelewatin jalur tersebut karena gak ada kendaraan umum, bisa-bisa kita bakal sering bolos kuliah karena males untuk ngeperjuangin jarak untuk berangkat ke kampus. Ujungnya?  Gak bakal lulus-lulus. Hiii... Amit-amit ya.

6. Ajak teman untuk ngekos bareng

Hari pertama ngekos emang masih terasa beda, apalagi kalau sendirian. Makanya kalau lu punya teman yang rumahnya sekampung atau sekomplek, mendingan ajakin ngekos bareng aja, tinggal di kamar yang sama supaya hari-hari pertama lu di kosan gak terasa sepi-sepi banget karena belum punya teman baru. Ya setidaknya kalau ada tetangga kos lu yang pada nakal-nakal dan suka malakin anak baru, teman lu itu bisa bantuin ngebelain. Atau... malah ikut dipalakin. Yah, namanya juga persahabatan, gak semua hal yang bakal lu rasain bersama itu yang manis-manisnya aja, tapi setidaknya lu bisa belajar untuk menanggung penderitaan bersama. Hehehe.

7. Pembayaran

Nah, poin yang terakhir nih. Ketika kita masih ngekos di awal-awal, gue saranin supaya kita nyari tempat kos yang bisa dibayar per bulan dulu aja. Umm... tapi ada juga sih kosan yang nyuruh untuk ngebayarnya per semester/enam bulan, malahan ada juga yang langsung setahun. Kenapa gue menyarankan begitu? Karena biar kita bisa ngerasain suasananya dulu, nyaman atau enggak selama tinggal di sana. Kita sering digangguin makhluk halus gak? Sering dipalakin sama tetangga sebelah gak? Jadinya kan kalau misalnya kita ngerasa gak nyaman, kita bisa segera pindah dan gak ngerasa rugi-rugi banget karena baru bayar sebulan. Tapi misalnya lu udah bayar setahun, dan baru tiga hari lu di sana udah ngerasa gak betah, pastinya bakal ngerasa rugi banget. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih.

***

Oke, kayaknya segitu dulu yang bisa gue share kali ini. Semoga berguna untuk teman-teman mahasiswa baru. Oh iya, selamat menikmati dunia perkuliahan yang telah menanti!

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.