Kendala Ketika Ingin Mengganti Handphone Baru


Gue merupakan salah satu tipe anak yang lumayan susah buat move on ke sesuatu yang baru. Bisa dibilang, gue adalah orang yang kalo udah nyaman sama seseorang atau sesuatu, gue ngga bakal mau mengubah atau menggantikan posisi dia. Oke, seperti judul postingan gue di atas. Kali ini gue mau ngebahas tentang salah satu benda yang ngga bisa lepas dari kehidupan gue sehari-hari, yaitu handphone. Jaman sekarang, HP itu udah bagaikan kacang goreng yang dijual di pasar-pasar. Jadi dari petugas kebersihan sampe presiden bisa punya alat komunikasi tersebut.

Menurut gue, ngeganti HP itu ngga semudah kayak kita ngeganti pakaian sehabis mandi. Kesamaannya itu mirip-mirip lah kayak hubungan percintaan. Jadi, kita harus memulai lagi dari awal atau beradaptasi lagi dengan kondisi yang baru. Padahal, ngeganti HP itu sebenernya adalah perkara yang simple. Yang cuma kita butuhin adalah keberanian.

Oke, kalo gitu langsung aja ya gue kasih beberapa alasan kenapa biasanya seseorang itu takut ngeganti HP-nya.

1. Move on

Seperti yang udah gue bilang di awal. Ngeganti HP, menurut gue itu sama aja kayak kita ngeganti pacar. Masalah dari gue yang terkadang ngga bisa move on dari sesuatu yang baru, kayak ngeganti HP lama ke HP yang baru itu adalah dari kenangan-kenangan yang gue punya selama bersama HP gue yang dulu. Gue masih inget sama salah satu kenangan indah, waktu itu gue pernah ngerjain operator pake HP lama gue itu berkali-kali, sampe-sampe si operator ngancam gue kalo misalnya dia nanya-nanya hal yang ngga penting lagi ke dia, dia bakal ngeblokir kartu SIM gue. Emang, pengalaman yang sangat suram.

Pertama kali gue ngeganti HP adalah ketika gue kelas 1 SMA. Gue terpaksa harus move on dari HP pertama gue yang udah menemani dari kelas 1 SMP; penyebabnya karena udah rusak dan ngga layak digunain. Mungkin kalo diibaratkan HP itu adalah pacar, kita harus terpaksa move on karena emang sama-sama udah ngerasa ngga ada kecocokkan. Percuma aja kan dipertahanin.

2. Takut kehilangan data

Takut kehilangan segala macam data yang ada di HP juga merupakan salah satu kendala banyak orang ketika mau ngeganti HP yang baru. Gue juga pernah ngerasain kayak gitu, walaupun waktu itu sih kebanyakan data yang gue simpen di HP adalah foto-foto gue yang kebanyakan berpose nempelin telunjuk di bibir, tapi gue ngerasa males aja kehilangan foto-foto gue yang "unik" itu.

Tapi sekarang gue baru tau kalo data-data di HP itu bisa di back-up ke salah satu perangkat lain, contohnya ke laptop. Maklum waktu dulu gue masih gaptek, jadi pas gue mau ganti HP baru, data-data gue yang ada di HP lama terpaksa dihapus total. Jadi yah kenangan-kenangan yang ada di HP lama gue berakhir begitu aja.

3. Ngerelain SMS mesra

Ini merupakan salah satu ketakutan beberapa orang ketika mau ngeganti HP, termasuk gue yang waktu itu masih labil. Iya sih, emang keliatannya konyol banget. Jadi gue ngerasa takut gitu kehilangan SMS-SMS mesra dari seseorang yang udah gue anggap jadi orang spesial di hidup gue. Namanya juga waktu itu gue masih labil, jadi maklum masih terlihat lebay banget.

Dan saat ini gue pun sadar, seiring berjalannya waktu, gue akhirnya ngedapetin lagi SMS-SMS mesra lainnya. Gue berpikir, apalah artinya SMS-SMS mesra dari seseorang yang gue simpen kalo sekarang dia aja udah ngga bersama gue lagi.

4. Nabung

Salah satu kendala yang paling kuat ketika seseorang males ngeganti HP adalah karena dia emang belum punya uang. Padahal dia ngerasa kalo HP-nya itu udah ngga layak pakai, tapi karena emang keadaan yang ngga memungkinkan untuk ganti, terpaksa dia harus tetep bertahan sama HP-nya yang lama. Tapi menurut gue sih kalo kita mikirnya ngga bakal punya uang mulu dan ngga dipaksain buat nabung, yaa gimana kita mau ngelanjutin ke tahap selanjutnya?

***

Jadi kesimpulannya kalo kita emang ngga bisa ngeganti HP lama ke yang baru, jangan maksain diri. Biarin aja temen-temen kita ada yang suka ngeganti HP sebulan sekali atau seminggu sekali, kita ngga perlu iri. Selagi HP yang lama masih bisa dipake, yaa disyukuri aja.

Oke, mungkin segitu dulu apa yang bisa gue bagi kali ini. Semoga bisa bermanfaat ya! ;)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.