Apa Aja yang Ngga Boleh Dilakuin saat Puasa?

  • August 03, 2012
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 0 Comments


Hemm... ngga terasa ya udah setengah bulan kita ngelaksanain ibadah puasa. Padahal mah pasti salah satu dari kalian kalo pas lagi puasa bilangnya, "Aduuuhh, puasa kapan sih selesainya?!! Kayaknya terasa lama banget!!!". Hayo ngaku siapa yang kayak gitu?

Sebenernya kalo puasa dijalaninnya secara ikhlas, ngga bakal terasa kalo tinggal sebentar lagi puasa bakal selesai. Tapi kalo dijalaninnya secara kurang ikhlas atau dikit-dikit ngeluh laper, dikit-dikit ngeluh haus, dikit-dikit ngeluh kangen mantan, yaah kalo kayak gitu terus pantesan aja puasanya terasa lama.

Menurut gue, walaupun kita lagi menjalani puasa, kita juga jangan menjadikan puasa sebagai alasan buat males-malesan. Males sih boleh, asal males untuk kebaikkan, contohnya males ngasih harapan palsu ke seseorang, males selingkuhin pacar, males jadi jomblo. *ups*

Nah, dari kejadian di atas, hati gue terpanggil untuk menulis postingan kali ini. Yah, kali ini gue mau ngebahas hal-hal apa aja yang ngga boleh dilakuin pas lagi puasa. Oke, langsung aja ya..

1. Buka puasa atau sahur secara berlebihan

Ini biasanya terjadi pas lagi di awal-awal bulan Ramadhan. Mungkin karena baru ngejalanin puasa, jadi hawa nafsu ngga bisa terkendali. Contohnya aja kayak makan sampe kekenyangan dan menyebabkan sesak napas.


Kalian pasti udah sering ngedenger dong nasehat-nasehat dari pak ustadz atau dari siapapun deh kalo "Segala yang berlebihan itu ngga baik". Nah, sama kayak kalo kalian lagi buka puasa ataupun sahur, jangan sampe kalian makan secara berlebihan. Misalnya aja kayak gini, pas lagi sahur lu makan secara berlebihan sampe-sampe napas jadi terasa sesak, terus akhirnya jadi susah mau tidur lagi dan lu pun jadi telat ke sekolah gara-gara kesiangan. Lu dimarahin guru, kemudian lu emosi, dan akhirnya meninju si guru. Terus lu dikeluarin deh dari sekolah. Karena pacar lu malu punya pacar kayak lu, akhirnya lu diputusin. Jadi jomblo lagi deh. Lu mau tau ini semua terjadi gara-gara apa? Semua ini terjadi gara-gara lu kebanyakan makan. Makanya jangan rakus!

2. Tidur seharian penuh

Karena selama puasa kita ngga ngelakuin aktivitas makan dan minum, jadi biasanya bawaannya lemes mulu. Kalo udah kayak gini, ujung-ujungnya pasti kalian jadi males nagapa-ngapain. Belajar di sekolah pun jadi males, kalo bisa belajar juga sambil nyolong-nyolong buat tidur deh.


Ini sangatlah ngga baik. Menurut gue, puasa itu seharusnya diisi dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat, kayak meningkatkan kualitas ibadah atau melakukan kegiatan seperti layaknya kalian ngga sedang berpuasa. Guru ngaji gue pun bilang kalo di bulan Ramadhan itu kita bisa ngedapetin pahala lebih, asalkan kita melakukan kegiatan yang positif dan ngga males-malesan.

Tapi mungkin sebagian dari kalian berpikir, "Bukannya tidur di bulan Ramadhan itu merupakan ibadah ya?". Sebenernya bukan kayak begitu. Menurut gue, yang benar adalah pas puasa itu lebih baik tidur daripada ngelakuin hal-hal yang negatif dan ngga ada gunanya. Sekarang kalian pikir deh, tidur di bulan Ramadhan aja dapet pahala, apalagi kalo kita terus ngelakuin hal-hal positif, pasti pahalanya jadi lebih banyak.

3. Puasa dijadikan sebagai alasan

Nah ini dia yang sering banget kejadian pas bulan puasa...

Lu telat berangkat sekolah, alasannya kesiangan gara-gara lagi puasa. Lu telat ngasih tugas ke guru/dosen, bilangnya pusing lagi puasa. Lu disuruh nyokap ke warung buat beli bumbu masak, ngakunya lemes soalnya lagi puasa. Sampe-sampe cebok pas abis boker aja males, gara-gara lemes soalnya lagi puasa. Semuanya aja jadi alasan gara-gara puasa.


Tapi kalo kalian sadar, puasa itu kan ibadah. Jadi, janganlah dijadiin penghambat untuk ngelakuin segala aktivitas sehari-hari, tapi anggaplah sebagai rasa syukur soalnya kalian masih bisa menikmati indahnya hidup di bulan Ramadhan. Sesungguhnya Allah juga ngga bakal kok ngasih cobaan yang ngga bisa dilalui oleh hamba-Nya. Dan sesungguhnya di balik kegagalan, ada kesuksesan yang tertunda. Hemat pangkal kaya. Rajin pangkal pandai. Pokoknya gitu deh!

***

Oke, segitu dulu yang bisa gue share kali ini. Semoga ibadah kita selama di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah swt. Aaamiiin.

You Might Also Like

0 comments