Penyebab Kenapa Kita Suka Dimarahin Nyokap

  • July 24, 2012
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 0 Comments


Pada dasarnya, ibu adalah seorang yang sangat berjasa pada kehidupan kita. Karena dia-lah kita bisa lahir dan menikmati indahnya hidup di dunia ini. Tapi ngga jarang juga, ibu adalah orang yang suka marahin kita. Mungkin hal ini disebabkan karena ia tidak ingin melihat anaknya melakukan sesuatu yang negatif. Oleh karena itu, ia sangat memperhatikan tingkah laku kita. Beda lagi kalo kalian punya ibu kayak ibu tirinya Cinderella, mungkin dia marah bukan karena kalian melakukan hal yang salah tapi emang dianya aja yang dendaman.

Jadi, kali ini gue berniat untuk nulis postingan tentang hal-hal apa aja yang bisa bikin ibu kalian itu marah. Oke, let’s cekidot!

1. Kamar berantakan

Nyokap bilang, “Gung, cepet bangun!!! Itu kamar kamu juga berantakan banget, cepetan diberesin!!!”

Kurang lebih begitulah perkataan nyokap ketika nyuruh gue untuk ngeberesin kamar.

Mungkin buat sebagian orang berpikir kalo kamar yang dikasih dari orang tua khusus untuk kita itu adalah ruang pribadi yang bisa kita pake semaunya sendiri, tapi tentu aja nyokap ngga setuju banget sama pendapat kayak gitu. Pasti kalo nyokap tiba-tiba ngeliat kamar kita yang berantakan udah kayak kandang sapi abis dipake buat dugem, dia bakal mengambil alih kamar dan marahin kita soalnya ngga secepatnya diberesin. Tapi menurut gue, beres-beres kamar juga bukan merupakan hal yang susah untuk dilakuin kok. Pernah waktu itu pas gue lagi beres-beres kamar, gue nemuin benda-benda yang gue anggap udah ‘lenyap’ akibat kamar gue yang terlalu berantakan.

2. Belum mandi

Nyokap bilang, “Jam segini kenapa belum mandi sih? Jangan mentang-mentang hari ini hari libur kamu jadi ngga mandi gini ya!”

Sebenernya, mandi di saat hari libur adalah sesuatu yang sangat langka untuk dilakuin. Kenapa? Soalnya ngga mandi di saat libur itu ngga tau kenapa tiba-tiba aja terasa jadi begitu nikmat. Menurut gue, dari sinilah penyebab kenapa para nyokap suka marah-marah kepada anaknya yang males mandi di hari libur. Mungkin, mereka ngerasa gerah aja sama anaknya yang terlihat kayak pengangguran, atau mungkin juga mereka ngerasa ngga nyaman sama bau badan anaknya yang udah kayak bau ketek komodo. 

Tapi sih gue setuju sama orang-orang yang memutuskan untuk ngga mandi di hari libur soalnya mereka udah mendukung gerakan hemat air untuk masa depan. Tuh kan, ada manfaatnya juga kalo ngga mandi.

3. Pulang malem

Nyokap bilang, “Lha kok pulangnya malem gini?! Emang kamu abis darimana aja sih?!!”

Ini sering kejadian pas gue masih SMA. Gue sering pulang malem karena ada tugas yang harus gue selesain di sekolah, walaupun terkadang gue pulang malem emang gara-gara gue main sama temen juga sih.. Hehehe.

Mungkin kalian suka berpikir, “Gue kan udah gede, masa masih harus dimarahin soal kayak beginian aja!”. Iya, gue juga terkadang berpikir kayak begitu. Tapi setelah gue sadar, menurut gue nyokap suka marah-marah kayak gitu karena pasti bertujuan baik. Mungkin dia sebenernya khawatir sama keadaan anaknya yang belum pulang ke rumah sampe malem, ataupun bisa juga karena dia ngerasa ngga nyaman aja kalo anaknya suka pulang malem. Tapi biar kayak gimana juga, selama kalian masih tinggal di rumah orangtua, yaa  sebaiknya ikutin ajalah peraturannya kayak gimana.

4. Mainin handphone terus

Nyokap bilang, “Kamu bukannya bantuin mamah bersih-bersih rumah, malah mainin hape terus!!! Jangan sampe tu hape mamah jual lagi ya!!!”

Nah loh, kalo handphone-nya dijual nanti ngga bisa nelponin costumer service buat digombalin lagi dong, ngga bisa update status di facebook lagi dong, ngga bisa ngirim sms ‘mama minta pulsa’ lagi dong.

Gue yang merupakan salah satu anak yang terkena pengaruh globalisasi, emang ngga bisa banget jauh-jauh dari yang namanya handphone. Karena cuma dengan mencet-mencet hape-lah gue bisa ngehilangin rasa bete yang sering melanda. Tapi ya kita juga harus tau waktu juga, jangan sampe nyokap marah-marah gara-gara kelakuan kita yang sering mainin hape tanpa mempedulikan kerjaan penting lainnya. Kan yang ngebeliin hape juga orangtua, yaa kita harus ada timbal balik ke mereka juga-lah, salah satunya dengan menuruti perintah orangtua.

5. Ngga nyuci motor

Nyokap bilang, “Kamu ya, bisanya cuma pake motor doang!! Pas giliran nyucinya aja ngga mau!!”

Hal kayak gini pasti sering terjadi sama kalian yang masih suka minjem kendaraan orangtua, salah satunya motor. Iya gue tau kok, namanya juga anak muda, kalo ngga pake motor ke mana-mana tu berasa ngga gaul. Tapi sayangnya, terkadang kita cuma mau ngepakenya aja, pas giliran kotor, kita pura-pura ngga tau. Mungkin kalo bisa dihitung, perbandingannya 10 kali dipake, 1 kali dicuci. Ini biasanya bisa ngebuat motor jadi terlihat kotor dan yang pastinya bisa ngebuat nyokap jadi marah.

***

Jadi walaupun ibu kita suka marah-marah, tapi sebenernya tuh dia marah emang karena dia sayang ke kita, tapi... terkadang juga bisa aja sih karena dia lagi “dapet”.

Bagi gue, ibu adalah seseorang yang udah berjasa bagi kehidupan gue selama ini. Walaupun beliau bukanlah seseorang yang sempurna, tapi beliau udah berhasil membuat hidup gue terasa sempurna dan lengkap. Gue ngga bisa ngebayangin bagaimana caranya gue bertahan hidup kalo tanpa beliau.

Oke, mungkin segitu dulu yang bisa gue share ke kalian. See you next time!

You Might Also Like

0 comments