Beberapa Hal yang Seharusnya Ada Ngga Cuma di Bulan Ramadhan

  • July 25, 2012
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 2 Comments


Gue nulis ini post sambil menunggu adzan maghrib berkumandang, padahal adzan maghrib masih sekitar 8 jam lagi. Tapi ngga apa-apalah, daripada gue melakukan hal yang bisa membatalkan puasa, contohnya ngeliatin kucing lagi kawin, mendingan gue nulis di blog deh.

Menjalankan ibadah puasa itu sebenernya gampang, asal kitanya aja yang bisa mengendalikan nafsu dari segala godaan yang menghampiri. Kalo misalnya kita tulus menjalankan ibadah puasa, puasa itu rasanya sebentar dan ngga bakal terasa sampe adzan maghrib berkumandang. Tapi kalo kita banyak mengeluh pas puasa, bisa-bisa pahala yang kita dapet berkurang dan cuma dapet lapar dan hausnya aja.

Ngomong-ngomong tentang bulan Ramadhan, pasti banyak banget kan hal-hal identik yang ada di bulan yang penuh dengan rahmat ini, salah satunya yaitu puasa (yaiyalah!), ngabuburit, rumah-rumah makan rame dikunjungi menjelang buka, dan masih banyak hal lainnya. Beberapa hal tersebut sangat identik dengan bulan Ramadhan dan umumnya tidak terjadi di bulan-bulan biasa. Padahal menurut gue, ada beberapa hal yang seharusnya ada ngga di cuma bulan Ramadhan aja. Nah ini dia beberapa hal tersebut, let’s cekidot!

1. Saling memaafkan dan berbuat hal-hal baik


Ketika mau memasuki bulan Ramadhan dan selama di bulan Ramadhan, biasanya orang-orang rame-rame meminta maaf ke semua orang yang dikenalnya, entah itu keluarga, teman, saudara, ataupun tetangga. Biasanya juga, orang-orang jadi bersikap lebih baik. Ini merupakan hal yang sangat bagus. Tapi biasanya setelah bulan Ramadhan selesai, orang-orang kembali ke kebiasaan semula, kayak yang suka maling ayam, dia beraksi lagi; yang suka ngegosipin orang, beraksi lagi; yang suka ngerebut pacar orang, beraksi lagi. Tapi menurut gue, hal-hal yang bagus dilakuin ketika bulan Ramadhan seharusnya juga dilakuin ketika di bulan-bulan biasa.

2. Makanan-makanan enak sering tersaji untuk berbuka puasa
Mungkin di bulan-bulan biasa, kelaperan di sore hari itu merupakan masalah yang merepotkan. Mau beli makan, tapi takut nanti malem laper lagi. Selain boros uang, hal ini bisa juga berpengaruh terhadap berat badan.


Di bulan Ramadhan ini, biasanya banyak banget penjual-penjual yang jualan makanan atau minuman yang pas banget buat nge-meal di sore hari, contohnya aja kayak kolak. Selain harganya yang ekonomis, bisa ngenyangin perut juga. Gue sih ngga keberatan kalo makanan atau minuman yang dijual di bulan Ramadhan juga di jual pas di bulan-bulan biasa.

3. THR


Mungkin buat kebanyakan orang, hal yang paling ditunggu-tunggu selama bulan Ramadhan selain Lebaran adalah... THR. Biasanya THR itu dibagiin di penghujung bulan Ramadhan atau menjelang Lebaran. Tapi sebenernya sih ngga apa-apa juga kalo THR itu dibagiinnya setiap hari, bukan pas di bulan Ramadhan aja. Beneran deh gue ngga bakal nolak. Gue yakin banget kalo kalian yang baca ini juga pasti kebanyakan ngga bakal nolak.. Hehehe.

***

Mungkin segitu dulu yang bisa gue share kali ini.. Semoga bisa bermanfaat.

Ohh iya, gue juga mau ngucapin,

"Met menjalankan ibadah puasa ya. Semoga ibadah yang kita jalanin selama di bulan Ramadhan kali ini diterima oleh Allah SWT.". Aaamiiin~

You Might Also Like

2 comments

  1. boleh komen ya....

    mungkin di bulan ramadhan org2 punya alasan yg kuat bgt untuk berbuat baik.... entah karena di bulan ramadhan itu pahalanya lebih berlipat lipat atau karena mau menghormati bulan yg sgt suci ini yg dateng nya cuma sekali jadi gak mau di sia2in...... terus setelah ramadhan berakhir mereka ngulangin ke biasaan....

    ReplyDelete
  2. iya bener bange, mungkin manusia cuma berbuat baik kalo cuma pas bulan ramadhan aja. -__-

    ReplyDelete