Temen yang Pantes untuk Dijauhi

  • April 01, 2012
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 1 Comments


Hemm... Hari ini gue lagi bad mood.

Pagi ini gue ngerasa hidung gue mampet, dan ternyata... emang gue lagi pilek.

Rasanya pilek tu ngga enak banget, dimulai dari ingus yang naik-turun kayak sinyal HP gue, terus hidung juga jadi susah ngebedain antara bau ketek sama bau sambel terasi.. Hadeh pokoknya ngga banget deh..

Ohh iya, kalo kita lagi sakit, pasti enak banget kalo ada temen yang ngejenguk. Apalagi ada temen yang ke rumah ngebawain iPad, voucher pulsa Rp. 50.000, sama ayam bakar buat dikasih ke kita.

Sebenernya lu itu sakit atau emang matre sih Gung?

Hahaha... Sorry sorry.. gue jadi ngekhayal yang engga-engga gini.

Ngomong-ngomong soal temen, kalian pernah ngerasa ngga sih kalo ada temen yang sering bikin kalian jadi kesel atau ngga diharepin kedatangannya?

Yang pasti ada kan dari sekian banyak temen yang kalian punya.. Nah, kali ini gue pengen ngebahas tentang tipe-tipe seorang temen yang wajib dijauhin kalo ketemu..

Mau tau tipenya kayak gimana aja?

Dan inilah jawabannya:

1. Temen yang dateng kalo cuma pas butuh doang

Temen kayak gitu emang udah kayak kutu di rambut yang dateng tiba-tiba dan cuma bisa ngerugiin kita. Sudah sepantasnya temen yang kayak gitu kita “keramasin” aja biar ngga dateng-dateng lagi. Katanya temen, yah harus adil dong.. Masa cuma dateng di saat ada maunya aja atau kalo ada yang dibutuhin doang. Misalnya aja ada temen yang udah lama ngga ketemu, tapi sekali ketemu, dia minta nginep di rumah kita selama sebulan tanpa ada alasan yang jelas.

Temen kayak gitu emang pantes banget buat dijauhin.

2. Temen yang ngga mau nolongin di saat kita butuh bantuan

Tipe yang satu ini juga sewajarnya buat dijauhin.. Orang yang ngga mau nolongin temennya di saat kesusahan adalah temen yang ngga tau diri. Di saat dia kesusahan, dia selalu minta bantuan ke kita, dan kita pun nolongin dia tanpa rasa pamrih. Tapi pas kita lagi kesusahan, dia malah ngga peduli dan sok ngga kenal.

Gue juga pernah ngalamin kejadian serupa. Waktu itu gue masih SD kelas 5, gue lupa ngebawa pensil ke sekolah dan dengan terpaksa gue harus minjem ke temen. Tapi apa yang temen gue bilang, “Maaf Gung gue cuma punya satu!”. Jelas-jelas waktu itu gue ngeliat di tempat pensil dia banyak banget pensil berhamburan. Temen kayak gitu, emang perlu banget dimasukkin Gajah Sumatera ke lubang hidungnya.

3. Temen yang suka pengen tau privasi orang

Hemm... inilah tipe temen yang paling ngeselin. Dia ngga tau apa itu privasi. Yang pasti, setiap orang punya privasinya masing-masing yang cuma diketahui oleh dirinya sendiri.

Gue pernah kenal seorang temen yang gue rasa anaknya cukup baik, ramah, dan sopan. Sebut aja namanya Dadang. Suatu hari, gue lagi nongkrong bareng temen-temen di pos deket rumah. Terus si Dadang minjem Hp gue, katanya sih pengen ngirim MP3 ke Hpnya. Awalnya gue sih ngga punya prasangka buruk ke dia, tapi lama kelamaan kok Hp gue berasa diotak-atik. Gue pun curiga sama apa yang Dadang perbuat pada Hp gue itu. Dan ternyata... Gue ngeliat dia buka-buka SMS yang seharusnya cuma gue yang boleh ngebaca. Gue ngerasa nyesek banget. Coba aja kalian bayangin kalo misalnya ada SMS curhatan dari seseorang spesial yang seharusnya menjadi rahasia berdua, ehh ternyata dibaca-baca sama temen kalian yang biadab itu. Temen kayak gitu emang pantesnya dimasukkin ke dalem karung terus dibuang ke tengah samudera Atlantik.

4. Temen yang suka pamer harta orangtua

Orang kayak gini, emang pantes disebut OKB, yang artinya “Orang Kaya Belagu”. Dia suka banget ngebanggain harta nyokap dan bokapnya yang melimpah itu. Suka pamer juga kalo misalnya bapaknya bisa beli mobil Chevrolet, bisa beli jamban bekas Justin Bieber, ataupun abis ngebeli pesawat tempur. Sampe saat ini juga gue masih bingung sama temen kayak gitu, apa yang mau dibanggain sih sama benda pembelian orangtua?

Kalo misalnya dia bisa ngebeli celana dalem dari hasil nabungnya sendiri atau dari hasil jerih payah dia kerja, itu baru yang namanya 'membanggakan' dan halal untuk dipamerin ke orang-orang. Jadi, buat kalian yang suka ngebawa iPad ke mall-mall dan tak jarang juga ngebawanya sampe dikalungin ke leher (entah gimana caranya), mulailah bertobat saat ini juga, sebelum bokap kalian pensiun dan menyuruh kalian untuk hidup sederhana. Yang ada nanti bukannya ngebawa-bawa iPad, yang ada malah ngebawa karung kayak dibawah ini.

Karung is my friend

5. Temen yang pinter tapi ngga mau berbagi kepintarannya ke orang lain

Temen tipe kayak gini, pasti semuanya pada punya. Ngga tau kenapa dia selalu ngerasa harus dirinyalah yang jadi nomor 1 dan ngga rela kalo temen-temennya sejajar sama dia. Biasanya temen kayak gini tu orangnya anti-sosial, susah diajak belajar bareng, dan maunya menang sendiri. Percuma aja kan kalo setiap pelajaran dia dapet nilai 100, tapi ngga punya temen di kelas. Temen yang egois kayak gini biasanya bakal mengalami kesulitan ketika udah memasuki ke dunia pekerjaan. Dia selalu membanggakan dirinya dan nganggap kalo orang lain ngga bisa ngelakuin hal kayak yang dia perbuat. Perusahaan-perusahaan atau lembaga-lembaga besar tu ngga butuh yang namanya orang pinter secara akademis doang. Dia juga harus bisa bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain. Pinter sih perlu, tapi bisa berbagi ilmu dengan orang lain itu lebih baik.. :D

6. Temen yang kalo bercanda keterlaluan

Nah.. temen yang suka bercanda tapi sampe keterlaluan itu juga ngeselin. Gue pernah ngalamin sendiri. Waktu itu gue lagi duduk santai di kelas, tiba-tiba aja ada orang yang entah dateng dari alam mana ngejitak kepala gue dari belakang. Gue pun kaget setengah hidup dan hampir pengen ngelempar bangku ke muka dia. Tapi setelah gue liat, ternyata dia temen sekelas gue. Dengan enaknya dia cuma bilang, “Gue cuma bercanda cuy!”. Kepala dijitak gini cuma dibilang bercanda. Emang kata lu ini kepala punya nenek moyang lu apa?! Gue cuma bisa kesel dalem hati. Karena gue anaknya ngga suka nyari ribut dan lebih milih stay cool, gue pun cuma ngediemin temen gue itu dan menganggap kalo yang ngejitak kepala gue tadi adalah Arumi Bachsin.

7. Temen yang sotoy abisss...

Orang sotoy, di mana-mana emang cuma bikin kesel. Misalnya aja, dia tiba-tiba dateng tanpa diundang dan ikut ngegabung ke obrolan yang kalian lagi bahas. Dan kalo misalnya kalian ngedengerin omongan dari dia, yang ada malah kalian jadi tersesat.

Contohnya kayak gini:

“Ehh.. lagi pada ngomongin apa?”

“Ngomongin tentang kenaikkan BBM..”

“Ohh BBM ya.. Emang kalo BBM lagi naik-naiknya dan ngga di-read tu ngeselin banget. Gue pernah tu ngirim message BBM ke temen, tapi sama dia ngga di-read dan cuma didiemin aja.. Sombong banget kan.. Ohh iya, yang kalian omongin itu BBM = Black Berry Messenger kan?”

“-___-”

*Asli ngeselin banget*

*Siram bensin rame-rame*

8. Temen yang kalo main ke rumah cuma bisa ngacak-ngacakin kamar kita dan ngga diberesin lagi

Temen kayak gini bisa disebut juga kayak hama.. Dateng secara tiba-tiba dan kerjaannya cuma ngacak-ngacakin doang. Kejadiannya gue alamin sekitar sehari yang lalu. Temen gue dateng secara tiba-tiba tanpa ngehubungin gue dulu, terus pas dia masuk ke kamar gue, dia malah ngacak-ngacak benda-benda yang udah tersusun rapih tanpa rasa bersalah. Ngeselin banget kan? Gue udah ngeberesin kamar selama seminggu lamanya dan berakhir dengan berantakan lagi hanya kurang dari semenit.. Dan dengan enaknya dia langsung pulang, alasannya karena dia barusan dapet telpon dari nyokapnya untuk ngejagain kucingnya yang baru lahiran..

***

Oke.. kayaknya cuma segitu dulu tipe-tipe temen yang ngeselin di sekitar kita.. Gue juga nulis post ini cuma buat menghibur dan ngga bermaksud untuk menyindir dan ngebuat kalian untuk ngejauhin temen-temen yang kalian punya.. Jadi kalo ada salah-salah kata, mohon dimaklumi. Gue hanya seorang manusia yang tak luput dari kesalahan..

Kalo kalian juga punya pengalaman tentang temen yang suka bikin kesel, share aja ya di comment box yang ada di bawah.. :D

Wassalamualaikum..

You Might Also Like

1 comments

  1. aku jg prnah pnya tmen yg suka minta2 makanan, tapi pas dia pnya mkanan malah pelit bgt,,
    ngeselin abiiiissss.......

    ReplyDelete