Haters are Your True Fans

  • March 31, 2012
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 3 Comments


Hey, guys. Bertemu lagi dengan gue. Kali ini gue pengen ngebahas tentang Haters nih.

Apa yang ada di dalam pikiran kalian kalo denger kata 'haters'?

Orang yang selalu ngeganggu kehidupan kalian? Orang yang kurang kerjaan? Atau manusia setengah jamban?

Oke, bagi lu yang belum tau, haters atau dalam bahasa Indonesia artinya 'pembenci' bisa diartiin sebagai seseorang yang selalu ngga suka sama segala yang kita miliki atau yang kita perbuat.

Umm... udah mulai ada sedikit gambaran kan tentang arti haters itu?

Yang mau gue bahas kali ini adalah haters yang ngga suka sama lu karena prestasi yang telah lu raih, bukannya haters yang benci sama lu karena emang lu hobi ngembat makanan di kantin sekolah..

Gue bisa ngasih salah satu kasusnya, lu merupakan salah satu siswa kebanggaan di sekolah yang selalu berprestasi dalam cabang olahraga balap karung tingkat nasional. Banyak siswi-siswi yang suka sama lu. Selain itu, guru-guru pasti sering ngasih pujian karena lu udah berhasil mengharumkan nama sekolah dalam dunia perbalap karungan. Tapi, seperti karakter dalam sinetron-sinetron. Selain ada  pemeran protagonis (baik), tentunya ada juga pemeran antagonis (jahat). Gue pun juga ngga tau apa hubungan antara balap karung dengan karakter dalam sinetron.. Udahlah anggap aja nyambung..

Oke, di samping orang-orang yang suka karena prestasi yang lu raih, pastinya juga ada orang-orang yang ngga seneng atas prestasi lu itu. Bener banget, mereka itu emang beda. Mereka suka nyari-nyari kesalahan yang lu punya untuk menutupi usaha atas prestasi yang lu udah raih. Mulai dari komentar yang bisa bikin nyesek, kayak:

“Yaelah, balap karung doang. Nenek-nenek masuk angin juga bisa kali!”

Kalo ngga dia bakal membuat gosip yang ngga-ngga, kayak:

“Kalian tau ngga sih, katanya si Tejo tu selalu menang balap karung gara-gara sering mengonsumsi opor ganja loh! Parah banget kan?!”

Udah pada ngerti kan sampe sini tentang arti Haters itu?

Kalo gitu, gue bakal ngasih ciri-cirinya:

Ciri-ciri Haters:

- SUKA nyari-nyari kesalahan orang lain sekecil apapun.
- SUKA mengkritik dengan bahasa yang bikin nyesek seluruh tubuh atau dengan bahasa frontal.
- SUKA terhadap kekurangan kita daripada kelebihan yang kita punya.
- Apapun perbuatan yang kita lakukan, mereka malah lebih SUKA melihat dari sisi negatifnya.
- Mereka terlahir ke dunia ini dari dalam jamban.

Nah, udah pada tau kan ciri-ciri haters tu kayak gimana. Sekarang, gue bakal ngasih tau motif apa yang sering dilakukan oleh Haters untuk menjatuhkan kita.

Motif Haters:

- Iri terhadap apa yang kita peroleh karena mereka ngga mampu untuk memperolehnya.
- Susah kalo ngeliat orang senang.
- Senang kalo ngeliat orang susah.
- Ngerasa ngga punya potensi untuk berprestasi.

Terus, gimana dong cara menyikapi Haters?

Tenang aja, jangan khawatir dan jangan bimbang. Sebenernya sih cukup sederhana untuk menyikapi ulah ngga penting dari para haters. Here they are:

1) Antara Langit dan Dasar Jamban

Kalian bisa ngebayangin kan haters itu kayak gimana?

Misalnya aja kita udah ngedapetin prestasi yang diraih dengan usaha yang semaksimal mungkin. Dengan begitu, para haters yang tentunya ngga suka terhadap prestasi yang kita peroleh, berusaha untuk menjatuhkan kita dengan cara apapun.

Anggap aja kita berada di atas langit dan mereka berada di dasar jamban. Tentunya para haters mencoba nyari perhatian kita dengan cara apapun untuk nyamperin mereka. Di mana? Yang pastinya di DASAR JAMBAN!

Ini sama aja kita udah turun level kalo kita yang berada di atas langit nyamperin mereka ke dasar jamban. Dan, kalo udah terperangkap di dasar jamban, pastinya kita bakal susah untuk naik lagi ke atas langit. Rugi banget!

Itulah tujuan para haters, memancing kita untuk jatuh dan turun level kayak mereka.

Solusi masalah: Udahlah ngga usah ditanggepin orang kayak gitu. Biarkan mereka tetap mengambang di dasar jamban dan kita terbang bebas di langit.

2) Haters adalah Fans Rahasia

Sebenernya kalo kita sadar, haters juga fans kita. Cuma karena mereka ngga mau ngakuin dan ngga bisa menerima keadaan, seolah-olah mereka benci banget sama kita. Biasanya kalo mereka ditanya kenapa benci, mereka kemunginan besar bakal ngejawab:

“Gue ngga suka aja... Yaudah sih suka-suka gue, gue mau benci sama siapa aja... ya urusan gue kan!”

Nah, dilihat dari jawabannya aja udah jelas banget kalo mereka tu benci ke kita tanpa sebab. Dia bilang kalo mereka tu benci, tapi ditanya kenapa bencinya, mereka ngga bisa jawab. Itulah haters, cuma bisa ngomong tanpa alasan yang jelas. Yang pasti, mereka tu ngerasa kalo mereka ngga bisa menjadi seseorang kayak kita. Jadi, mereka melampiaskan kekecewaannya dengan melakukan hal negatif terhadap orang yang mampu mencapai level yang mereka harapkan. Kasian banget kan?

Solusi masalah: Yaudah ngga usah dipikirin orang kayak gitu, nanti juga mereka bakal bosen dan akhirnya mati dengan sendirinya.

3) Haters adalah Seseorang yang Mengagumi kita dari Arah yang Salah

Seperti yang udah gue jelasin sebelumnya kalo haters juga fans kita, tapi mereka ngefans dari arah yang salah.

Contohnya aja band Pee Wee Gaskins (PWG). Kalian tau PWG, kan? Ya, bener banget, kalo kalian tau PWG pastinya kalian juga tau APWG. APWG adalah haters dari PWG. Tapi anehnya, APWG tu lebih eksis dari Dorks (Fans PWG). Setiap PWG manggung, pasti APWG ada di sana ngebawa spanduk dan atribut-atribut lain untuk nunjukkin kalo mereka APWG. Dan kalo kalian bisa liat, pasti susah banget ngebedain antara APWG yang lagi nonton konser dengan orang-orang yang lagi rusuh demo nuntut harga BBM!

Begitu juga haters. Secara diam-diam, mereka selalu memperhatikan apa yang sedang kita lakuin. Untuk apa? Yang pasti untuk nyari kesalahan-kesalahan yang kita perbuat. Dengan kata lain, haters itu sebenernya lebih perhatian dari fans sejati kita sendiri.

Solusi masalah: Nikmati aja penghormatan yang diberikan oleh haters.

Kesimpulan:

Dari berbagai penjelasan di atas, gue bisa nyimpulin kalo haters juga manusia kayak kita tapi yang ngebedain cuma kelakuannya aja. Yang penting kita harus tau aja apa maksud dan tujuan haters itu. Mereka cuma mau nyari kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Mereka juga ngerasa sukses kalo udah berhasil ngejatuhin kita. Kita juga jangan sampe terpancing atas apa yang mereka perbuat.

Menurut gue, karena sikap haters yang lebih perhatian dalam mencari kesalahan dan kekurangan yang kita punya, kita bakal jadi lebih sadar bagian mana dari diri kita yang harus diperbaiki... So, haters are useful shite!

***

Itulah beberapa penjelasan gue tentang haters. Semoga bermanfaat ya sebagai renungan kita! See you next time!

You Might Also Like

3 comments

  1. wahh bearti hater gue bnyak jga ya.. hihihi
    :D

    ReplyDelete
  2. wahh bearti hater gue bnyak jga ya.. hihihi
    :D

    ReplyDelete
  3. -> Cewmutz: Yang penting disikapi aja dengan senyuman dan jangan sampe terhasut sama kata-kata haters yang ngga jarang bisa ngebuat kita jadi nge-down..

    ReplyDelete