Beberapa Fenomena Unik Ketika Gue SD

  • March 11, 2012
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 2 Comments


Umm... Kali ini gue mau ngebahas tentang beberapa fenomena unik nih waktu gue masih SD.

Ohh ternyata lu pernah SD juga Gung?

Anjritt.. pake nanya segala lagi. Yaiyalah, emang kata lu gue lahir langsung masuk SMA apa!!! *sabar.. sabar.. sabar..*

Oke daripada banyak basa-basi ngga jelas, langsung aja ya gue bahas sekaligus mungkin kalian bisa bernostalgila (ehh.. bernostalgia masksudnya). Let’s cekidot!

1. Fenomena Ksatria Baja Hitam

Waktu gue masih SD dulu, gue ngefans banget sama ni film. Sampe-sampe gue pernah nangis-nangis 7 hari 7 malem ke nyokap buat minta ngebeliin pedang Ksatria Baja Hitam.


Pernah juga waktu itu gue nonton tu film sambil berlaga kayak Kotaro Minami (si Ksatria Baja Hitam) dengan jurus-jurus tendangan mautnya. Alhasil, gue pun nabrak sofa dan kepala gue jadi gede sebelah (baca: benjol). Terus saking ngefans-nya gue sama tu film, pas hujan gede lagi melanda daerah rumah gue dan suara petir bergema di mana-mana, gue ngga ngepeduliin kata-kata nyokap buat matiin TV. Dan akhirnya... “DUAAARR”.. TV gue kebelah jadi dua karena kesambar petir. *Oke yang ini terlalu lebay*

2. Fenomena Panji Manusia Milenium dan Saras 008

Nah kalo yang ini adalah beberapa film buatan anak negeri yang juga gue suka waktu masih SD, yaitu Panji Manusia Alumunium (waduh salah... Milenium maksudnya) dan Saras 008.





Ketika itu gue minta buat dibeliin baju Panji yang sekaligus berhadiah kacamata pahlawannya. Temen-temen gue yang waktu itu terkena korban film juga minta ke nyokapnya buat minta dibeliin baju Panji. Alhasil, gue sama temen-temen pun make baju Panji pas lagi jalan-jalan main dan bukannya jadi terlihat kayak Panji Manusia Milenium, malah jadi terlihat kayak segerombolan bocah alien yang lagi nyasar kehilangan orangtuanya.

Kedua film itu mungkin sekarang udah ngga bakal diputer lagi di TV,  dan gue kangen banget masa-masa itu.

3. Fenomena Sinetron Tersanjung

Masih inget aja gue sama sinetron yang satu ini. Sinetron ‘Tersanjung’, mungkin pada saat itu sama aja kayak sinetron ‘Cinta Fitri’ saat ini. Sampe-sampe karena saking sukanya masyarakat Indonesia sama sinetron ini, dibuat sampe 8 season. BAYANGIN AJA... 8 SEASON!!! *gue ulang biar keliatan dramatis*


Gue juga waktu itu merupakan salah satu dari sekian banyak anak SD yang jadi korban sinetron. Gue sering nonton sinetron Tersanjung bareng nyokap di ruang tamu. Dan mungkin dulu gue suka sama sinetron karena waktu jaman dulu sinetron-sinetron ngga sebanyak kayak sekarang. Kalo sekarang, sinetron malah banyak banget muncul di TV udah kayak tukang jualan kaset CD bajakan di pinggir jalan. Sinetron-sinetron jaman sekarang juga malah terlihat lebay dan sedikit banget yang mendidik buat ditonton anak-anak.

4. Fenomena Tazos

Umm... kalian masih inget kan sama mainan yang satu ini. Namanya tazos. Gue juga kurang tau kenapa namanya harus tazos, padahal setau gue tazos itu adalah nama seseorang yang hidupnya selalu di hutan (itumah namanya Tarzan... Jauh amat!).

Dulu waktu gue SD, hampir setiap hari gue pasti minta chiki yang berhadiah tazos. Karena nyokap gue ngebuka toko di rumah, jadinya setiap hari gue dengan gratis minta chiki yang berhadiah tazos itu. Hehehe. #JiwaAnakNggaMauRugi

Ternyata pas diitung-itung, gue udah ngumpulin puluhan tazos, yah bisa dibilang hampir ratusan.. Dan sekarang gue lupa naro tu tazos di mana, entah udah dibuang sama nyokap ataupun hilang ditelan bumi. Gue juga ngga tau.


Gue juga masih inget banget pas gue main sama temen-temen di sekitar rumah ataupun di sekolah, pasti gue ngebawa-bawa tazos.  Terus dengan belagunya gue naik ke atas bangku dan gue sebar-sebarin tu tazos ke bawah. Temen-temen gue yang waktu itu masih berjiwa kayak orang yang menyembah tazos dan menganggap tazos adalah segalanya, dengan ricuhnya ngambil tazos yang gue sebar sampe-sampe harus ada yang digotong karena pingsan terinjak-injak dan ada juga yang harus dibawa ke kantor polisi karena diduga menjadi provokator aksi kericuhan. Oke ini mulai lebay.

Yang pasti pada waktu itu, gue berasa banget jadi seorang Raja yang nyebar-nyebar uang. Hahaha. #KhayalanTingkatTinggi

5. Fenomena Mr. Gepeng

Ini bener-bener cerita mitos yang bener-bener nyeremin waktu jaman gue SD selain fenomena hantu Kolor ijo, yaitu cerita tentang hantu Mr. Gepeng yang katanya menghuni toilet sekolah gue. Dan pada waktu itu gue berpikir, “Kenapa dia tinggalnya harus di toilet? Emang ngga ada tempat yang lebih hina lagi apa selain disana?"

Ada beberapa versi yang gue tau dari Mr. Gepeng ini:
1) Mr. Gepeng meninggalnya kelindes stum.
2) Dia adalah seorang dokter yang meninggal akibat kejepit lift bersama kopernya yang berisi uang.

Dan satu hal yang masih gue bingung sampe saat ini adalah... Kenapa tu Mr. Gepeng bisa gentayangan di toilet SD gue? -__-

Salah satu temen gue yang jadi korban salah gaul cerita horor bilang kalo kita nelpon ke nomor 7777777 terus bilang, “Mr. Gepeng minta duit dong!”, pasti dikasih dan duitnya harus diambil di toilet dengan syarat harus jalan maju-mundur, kiri-kanan. Sumpah ini random banget, udah kayak lagi nari Poco-poco.

Selain itu juga, Mr. Gepeng katanya suka nge-tusbol pantat bocah yang lagi boker make jarinya. *Gue ngga mau ngebayangin*

Kata temen gue yang khilaf juga, dia suka ngehisap darah melalui lubang pantat. Sumpah, gue berpikir ini kayak semacam Drakula yang  dibesarkan oleh orangtuanya di dalam sebuah jamban dan menghisap darah dari lubang pantat orang-orang yang lagi pengen boker di jamban tersebut. #RandomTingkatUjianNasional

Dan akhirnya setelah gue SMA, cerita mitos-mitos kayak gitu lama-kelamaan hilang kebawa hembusan kentut masyarakat.

6. Fenomena Dagu Belah

Ini perbuatan paling aneh, ngga masuk akal, keji, dan ekstrim yang dilakukan oleh gue bareng temen-temen ketika kelas 5 SD.

Gue ngga tau awal ni fenomena muncul dari mana. Yang pasti waktu itu tiba-tiba langsung ada.
Bayangin aja sama kalian, temen-temen SD gue  rela menganiaya dagunya sendiri pake pedang samurai, koin, getah pohon, atau ngga kerah baju seragamnya supaya bisa bikin korengan. Gue sendiri yang waktu itu gampang terhasut oleh temen-temen gue yang salah gaul itu juga ikut-ikutan ngebuat koreng di dagu. Gue ngebuat pake kerah baju seragam dan uang logam Rp. 500 yang gue gosok-gosok ke dagu. Awalnya emang ngga kerasa perih, tapi lama-kelamaan jadi terasa perih juga dan akhirnya jadi koreng. Sumpah, ini perbuatan paling malu-maluin dan sesat yang pernah gue lakuin waktu SD.

7. Fenomena Gambar Gunung Kembar

Kalian masih inget sama 2 buah gambar gunung yang di tengah-tengahnya ada matahari dengan hamparan sawah yang luas di kiri dan kanan jalan?


Gambar kayak gitulah yang sering gue gambar bareng temen-temen selama SD. Gue juga ngga tau apa yang sebenernya merasuki pikiran gue untuk selalu ngegambar pemandangan itu. Salah satu guru gue di SD juga pernah bilang, “Ini kenapa kalian selalu ngegambar pemandangan 2 gunung yang di tengah-tengahnya selalu ada matahari? Emang ngga ada pemandangan yang lain yang bisa digambar?”

Emang sungguh ngga kreatifnya gue pada saat itu. Tapi anehnya, gue selalu seneng buat ngegambar pemandangan 2 buah gunung kembar itu secara berulang-ulang. Mungkin gara-gara itu juga, pas gue udah SMA gue malah jadi punya presepsi lain tentang 2 gunung kembar yang sekarang, yatu gunungnya lebih menonjol, dan ngebuat gue jadi terasa tegang kalo ngeliat secara langsung. #MulaiNgaco #Abaikan

***

Itulah beberapa fenomena unik yang sedikit agak sesat juga yang pernah gue alamin semasa gue masih SD. Kalo misalnya kalian punya fenomena unik lainnya yang lebih seru dan pengen dibagi, silahkan diceritain di kotak komentar yang ada di bawah ya!

Good bye. See you later.

You Might Also Like

2 comments

  1. selain film tersanjung, kan ada juga film pernikahan dini.. film tersanjung gue rada lupa ceritanya tapi klo film pernikahan dini, gue masih inget bgt biarpun udah lupa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener banget.. Waktu itu gue juga sering nonton sinetron 'pernikahan dini' gara-gara nyokap emang suka banget nonton tuh sinetron.

      Delete