Apa itu Kepo?

  • February 26, 2012
  • By Muhammad Agung Wicaksono
  • 0 Comments


Assalamualaikum para pembaca yang budiman.
Apa kabarnya?
Semoga selalu baik-baik aja ya.

Umm.... gue disini pengen ngapain ya?

Ngebenerin jamban bocor kali, Gung???

Apa lu kata??!! Bukan... bukan banget!!!

Gue sama sekali bukan tukang tambal jamban, biarpun terkadang kerjaan itu gue lakuin semata-mata buat ngedapetin sesuap iPhone dan segenggam iPad.

Aduh... malah makin ngga nyambung gini.

Oke guys, disini gue bakal ngebahas tentang KEPO.

KEPO ya... bukan KEBO.
Mungkin buat kalian yang ngakunya anak GAHOEL, kata ‘KEPO’ udah ngga asing lagi. Tapi karena gue bukan anak GAHOEL, jadi yah... gue baru tau KEPO akhir-akhir ini.

Kalo denger kata ‘KEPO’, apa yang bakal muncul di pikiran kalian?

Salah satunya pasti acara di The Hits Trans TV, yang salah satu segmen-nya ada segmen yang namanya ‘KEPO’, atau singkatannya Ketemu @poconggg. Tapi bukan itu arti yang sebenernya.

Umm... kalo gue boleh tebak sih, pasti yang muncul adalah presepsi negatif.

Kok bisa gitu?

Yah bisalah...

Nah ini dia arti KEPO sesungguhnya...

Menurut hasil searching gue di Mbah Google, KEPO itu berasal dari bahasa Bangka yang artinya ‘Mau tau aja urusan orang’ atau ‘Orang yang sok sibuk’.

Dan kalo menurut Kitab GAHOEL sih, ada beberapa spesies KEPO yang ada di dunia ini. Let’s cekidot!

1. Mau tau urusan orang lain

KEPO yang satu ini merupakan spesies KEPO yang pengen tau banget apa yang orang-orang lakuin.

Contohnya:

A: “Gimana kabarnya si Udin sama pacarnya? Udah putus belom?”
B: “KEPO banget sih lu...”

2. Perasaan ingin tahu terhadap sesuatu hal

Kalo yang ini, biasanya terjadi di jejaring sosial Twitter.

Contohnya:

@agungwicaks: Penasaran banget pengen ketemu @anisaChibi, lagi makan apa ya dia di warteg depan sekolah gue?.

@anisaChibi: @agungwicaks iiihhh... KEPO aja deeehhh...

3. Berasal dari bahasa hokkian.

Gue juga kurang begitu tau bahasa hokkian tu kayak gimana, tapi menurut bahasa hokkian, KEPO berasal dari kata ‘KE’ = Bertanya dan ‘PO’ = Nenek-nenek. Mungkin bisa diartiin kalo KEPO tu nenek-nenek yang suka nanya-nanya. Dan gue juga ngga tau apa urusannya sama si nenek-nenek, mungkin semacam nenek-nenek yang pengen tau banget urusan orang lain.

Contohnya:

A: “Kamu lagi dimana? Sama siapa? Ngapain disana? Kapan pulangnya?”

B: “KEPO banget sih lu!”

4. Tukang gosip, selalu mau tau aja urusan orang lain

KEPO semacam ini sama aja kayak di nomor 3, pokoknya dia tu pengen mau tau banget urusan orang lain. Dan seperti biasa, kalo ada orang yang pengen tau segala hal tentang kita, langsung bilang aja, “KEPO banget sih lu!!!”.

5. Definisi sifat seseorang yang pengen tau banget sama segala hal

Kalo yang ini adalah KEPO yang udah jadi sifat dari orang yang bersangkutan. Jadi bisa dibilang, KEPO dari lahir.

Contoh:

A: “Asikk.. Pacar gue mau ke rumah gue nanti malem... ”

B: “Ehem... Cieee... Pacar lu mau dateng jam berapa? Naek apa?”

A: *bisik-bisik* “Isshhh... Temen lu kok KEPO banget sih! Gue ditanyain ini-itu, pengen tau banget urusan orang deh!”

C: “Gue juga ngga tau!”

Kalo bisa gue simpulin dari macam-macam arti KEPO sih  emang banyak yang bernada negatif.

Gue juga setuju, siapa sih yang ngga risih urusannya selalu ditanya-tanyain sama orang?

Gue aja juga terkadang risih kalo pas gue abis makan di kantin, gue selalu ditanya sama temen gue, “Cak, tadi lu di kantin abis makan apa? Enak ngga? Harganya berapa? Isinya banyak ngga? Siapa nama tukang kebunnya  Justin Bieber?”

Nah loh, apa kalian juga ngga ngerasa risih kalo digituin.

***

Yang diatas kan KEPO bedasarkan Kitab GAHOEL, nah kalo yang ini menurut presepsi gue sendiri.

1. KEPO = Peduli

Ngga selamanya KEPO itu selalu mengarah kepada presepsi negatif. Misalnya aja kalo kita nanya ke nyokap, bokap, pacar, sahabat, temen, kakek, nenek, pakde, bude kita yang keliatannya lagi ada masalah.

Contohnya:

Kamu kenapa akhir-akhir ini kok diem aja? Lagi ada masalah ya?

Menurut gue itu juga KEPO, tapi dalam konteks yang wajar soalnya bermaksud untuk peduli sama seseorang yang kita kenal.

2. KEPO = Inisiatif

Menurut gue, KEPO spesies ini adalah di mana seseorang mau tau segala hal yang ngebuat dia penasaran. Tapi disini bukan ditujukan ke seseorang, tapi kepada hal-hal lain kayak mempelajari ilmu-ilmu atau pengetahuan baru yang diciptakan seseorang. Sekalipun ditujukan ke seseorang, dia ngga bermaksud untuk ngorek-ngorek masalah pribadi orang itu, tapi untuk mempelajari sifat-sifat seseorang.

KEPO spesies ini juga terkadang bisa ngeganggu, tapi karena KEPO yang kayak ginilah bisa terciptanya listrik, telepon, televisi, komputer, mobil, and many more...

3. KEPO = Maniak

Inilah spesies KEPO yang paling parah diantara spesies KEPO-KEPO lainnya soalnya orang yang terjangkit KEPO MANIAK bakal ngelakuin apa aja untuk mengetahui segala sesuatu yang pengen dia tau.

Ada orang yang lagi begini dia pengen tau, ada orang yang lagi begitu dia pengen tau. Kalaupun ngga ada yang ngasih tau, dia bakal nyari sendiri kesana-kesini kayak waktu Ayu Ting-Ting lagi nyari alamat yang ternyata itu alamat palsu. Bahkan sampe ke twitter, facebook, google, sekolah, kampus, kamar mandi, kamar kost, kamar mayat (ehh yang ini kayaknya engga), kalo perlu sampe ke jamban yang pernah dia tongkrongin.

KEPO MANIAK selalu pengen tau sama semua urusan siapapun yang bukan urusan dia. Tapi, gue juga ngebagi ke dalam beberapa detail lagi tentang KEPO MANIAK. Let’s cekibrot!

1. KEPO sama orang yang lagi memusuhi dia.
2. KEPO sama orang yang dia suka.
3. KEPO sama orang yang dia benci.
4. KEPO sama orang yang sama sekali ngga pernah ada urusan sama dia (ini yang paling parah).


Dari ketiga spesies KEPO diatas, yang paling parah adalah yang nomor 3 soalnya di spesies ini, orang bakal sangat senang nyari tau segala jenis permasalahan orang lain yang entah dia kenal atau engga, dan terkadang juga ngetertawain masalah orang itu. terhadap KEPO spesies ini, kita harus sering-sering lapor ke lembaga KPK (Komisi Pemberantasan KEPO).

***

Oke deh, ngga kerasa pertemuan kita sampe disini dulu. Semoga postingan gue ini bermanfaat bagi seluruh warga Indonesia, khususnya bagi pelajar SMA yang sebentar lagi bakal menunaikan Ujian Nasional.

See you later! ;)

You Might Also Like

0 comments